Siswa SMA Indonesia Berhasil Masuk 10 Besar Olimpiade Geografi Dunia

Kompas.com - 13/08/2018, 14:19 WIB
Tim Olimpiade Geografi Indonesia berhasil meraih prestasi dengan meraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu dalam International Geography Olympiad (IGeO) 2018. Dok. KemendikbudTim Olimpiade Geografi Indonesia berhasil meraih prestasi dengan meraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu dalam International Geography Olympiad (IGeO) 2018.

KOMPAS.com - Tim Olimpiade Geografi Indonesia berhasil meraih prestasi dengan meraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu dalam "International Geography Olympiad (IGeO) 2018". 

IGeO tahun ini diselenggarakan di Quebec City, Kanada dan diikuti 165 peserta dari 43 negara.

1. Masuk peringkat 10 terbaik

Dengan perolehan ini, Tim Olimpiade Geografi Indonesia berhasil menempatkan diri dalam peringkat 9 dari 43 negara. Hal ini merupakan kebanggan tersendiri, karena pada tahun ini untuk kali pertama Indonesia berhasil masuk top ten countries dari seluruh negara partisipan IGeO.

Selain itu, tahun ini pula untuk kali pertama seluruh anggota Tim Olimpiade Geografi Indonesia berhasil mendapatkan medali. 

Baca juga: Prestasi Dunia, Siswa Indonesia Raih Emas Ajang Seni 2018 di Jepang

Para siswa yang berhasil merebut medali di antaranya:

  • Fernando, SMA Sutomo 1 Medan, meraih medali perak
  • M. Nadafa Isnain, SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta, meraih medali perak
  • Rizky Amalia Wulandari, SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan, meraih medali perunggu
  • Jamal Habibur Rahman, SMA Taruna Nusantara Magelang, meraih medali perunggu

2. Tiga babak tes

Samsul Bachri, Koordinator Tim Olimpiade Geografi Indonesia menjelaskan kepada Kompas.com, IGeO 2018 berlangsung dalam 3 babak tes, yaitu Written Response Test (Tes Tertulis), Fieldwork Test (Tes Lapangan), dan Multimedia Test (Tes Multimedia).

"Berdasarkan laporan Steering Committee IGeO 2018, Tim Olimpiade Geografi Indonesia sangat unggul dalam WRT (Tes Tertulis), dibuktikan dengan total score untuk WRT masuk peringkat 3 dari 43 negara," kata Samsul.

Untuk tes lapangan, siswa Indonesia masuk dalam di peringkat 12, sedangkan tes multimedia berada di peringkat 8.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X