Anies Imbau Kepala Sekolah Ciptakan Suasana Menyenangkan di Sekolah - Kompas.com

Anies Imbau Kepala Sekolah Ciptakan Suasana Menyenangkan di Sekolah

Kompas.com - 12/09/2018, 23:27 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan pengarahan kepada 721 kepala sekolah di Balai Kota DKI Jakarta (12/9/2018).Dok. Disdik DKI Jakarta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan pengarahan kepada 721 kepala sekolah di Balai Kota DKI Jakarta (12/9/2018).

KOMPAS.com -  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan pengarahan kepada 721 kepala sekolah mulai dari TPA, TK, SD, SMP, SMA, SLB, hingga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Negeri, di Balai Kota DKI Jakarta (12/9/2018).

Anies mengimbau kepala sekolah yang dilantik dapat menjadi figur pemimpin di sekolah dan memberikan keteladanan serta dapat menciptakan ekosistem yang baik di lingkungan pendidikan.

"Menjalankan tugas sebagai kepala sekolah itu bukan sekadar menjadi pemegang otoritas tertinggi di sekolah, namun harus menjadi pemimpin. Pemimpin di sekolah adalah sosok yang diikuti perkataan dan perbuatannya," ujar Anies seperti dikutip dari akun resmi Instagram Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Baca juga: Lombok Bangkit, Relawan dan Kemendikbud Bangun Posko Psikoedukasi

Tidak kalah penting, Anies berpesan, agar para kepala sekolah harus bisa menghadirkan suasana yang menyenangkan di sekolah. Sehingga, proses kegiatan belajar dan mengajar dapat memberikan hasil optimal.

"Indikatornya sederhana, anak-anak itu datang ke sekolah dan berada di sekolah hatinya senang," terangnya. Anies menambahkan, kepala sekolah di Jakarta juga memiliki tugas membangun hubungan baik dengan orang tua dan dengan lingkungan sekitar.

"Ajak orang tua berinteraksi, melihat apa yang dikerjakan putra-putrinya di sekolah. Jadikan orang tua sebagai partner terdekat dari bapak ibu sekalian. Selain itu, adakan kegiatan-kegiatan yang menjadikan peserta didik sebagai bagian dari komunitas masyarakat," ujarnya.

Untuk provinsi DKI Jakarta sebanyak 721 kepala sekolah yang baru telah dikukuhkan terdiri dari, 2 TPA Negeri, 32 TK Negeri, 516 SD Negeri, 92 SMP Negeri, 47 SMA Negeri, 17 SMK Negeri, empat SLB Negeri, serta 11 PKBM Negeri.

Turut hadir dalam kegiatan pengarahan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, serta Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto.



Close Ads X