Kompas.com - 26/09/2018, 13:21 WIB
Sosialisasi aplikasi Smart Library dari Gramedia Digital Nusantara dalam Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Kabupaten Karawang, Senin (24/9/2018). Dok. Gramedia Digital NusantaraSosialisasi aplikasi Smart Library dari Gramedia Digital Nusantara dalam Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Kabupaten Karawang, Senin (24/9/2018).

KOMPAS.com - Salah satu indikator capaian mutu pendidikan dapat dilihat dari kemampuan akademik siswa. Ukuran akademik ini dapat dilihat dalam penguasaan mereka di bidang matematika, sains, dan kemampuan membaca.

Seiring perkembangan teknologi dan karakter unik generasi milenial, dibutuhkan terobosan untuk menarik minat generasi muda dalam hal belajar dan juga membaca.

Smart Library dapat menjadi salah satu inovasi untuk menumbuhkan minat tersebut. Smart Library  merupakan aplikasi perpustakaan digital yang memudahkan masyarakat, khususnya komunitas di sekolah dalam mengakses informasi.

Harapannya, melalaui aplikasi yang diusung Gramedia Digital Nusantara ini dapat mendorong minat baca, meningkatkan kompetensi dan mutu dalam bidang pendidikan.

Nilai positif Smart Library

Karawang menjadi salah satu kota yang mengaplikasikan Smart Library untuk meningkatkan mutu pendidikan. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana akan menerapkan Smart Library untuk 157 SMP di kabupaten Karawang.

Hal ini disampaikan Bupati dalam acara Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Kabupaten Karawang, Senin (24/9/2018). "Saya sepakat karena di era digitalisasi ini suka tidak suka harus menggunakan teknologi informasi," kata Bupati.

Baca juga: T-PERPUS dan Upaya Meningkatkan Literasi Baik Generasi Milenial

Ia mengatakan Smart Library yang diinisiasi pihak Gramedia memiliki nilai positif. Cellica Nurrachadiana berharap dengan kehadiran Smart Library dapat meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Karawang, khususnya di tingkat SMP.

Tidak hanya itu, ia juga berharap pengetahuan anak didik dapat lebih berkembang dan lulus sekolah dengan nilai lebih baik. 

Akses konten digital berkualitas

Menurut Bupati Karawang ini bukan hal sulit untuk menerapkan Smart Library ke sekolah-sekolah di Karawang mengingat di setiap sekolah telah memiliki unit komputer.

“Saya rasa ini kesempatan baik. Tinggal kita bicarakan bagaimana teknisnya. Apakah dana PMMS bisa digunakan atau tidak, dan bagaimana respon teman-teman kepala sekolah. Atau 500 akun dulu, kan bisa dishare kepada yang memerlukan," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.