6 Fakta Menarik Kolaborasi Apik Penggiat Literasi dalam GRCC 2018

Kompas.com - 27/09/2018, 17:23 WIB
Kondisi Taman Baca Masyarakat (TBM) yang ada di kolong Jalan Layang Ciputat. Berbagai macam fasilitas mulai dari lapangan futsal hingga saung ada di sana untuk digunakan tempat komunal warga sekitar. Foto diambil Senin (8/1/2017) Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.comKondisi Taman Baca Masyarakat (TBM) yang ada di kolong Jalan Layang Ciputat. Berbagai macam fasilitas mulai dari lapangan futsal hingga saung ada di sana untuk digunakan tempat komunal warga sekitar. Foto diambil Senin (8/1/2017)

KOMPAS.com -  Gramedia kembali menggelar ajang penghargaan "Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018". Puncak acara yang rutin digelar 2 tahun sekali ini akan dilaksanakan 28 September 2018, di Balai Kartini, Jakarta.

Berikut beberapa fakta menarik terkait acara GRCC 2018 yang didedikasikan untuk memberikan kontribusi bagi perkembangan literasi baca di Indonesia: 

6. Terbagi dalam 5 regional

Gelaran GRCC 2018 akan memberikan penghargaan kepada para juara dari 5 wilayah regional yang telah ditetapkan Gramedia. Kelima daerah dibentuk karena setiap wilayah memiliki tantangan dan karakteristik berbeda sehingga diputuskan tidak ada 1 juara nasional.

Kelima region meliputi:

  • Regional Sumatera
  • Regional Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat
  • Regional Jawa tengah dan DIY Yogyakarta
  • Regional Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan
  • Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, dan  wilayah Indonesia Timur

5. Penghargaan taman baca inspiratif

GRCC merupakan kompetisi rutin PT Gramedia Asri Media untuk mencari komunitas dan taman baca masyarakat (TBM) kreatif, inspiratif, inovatif dari seluruh Indonesia.

"Kriteria pemenang penghargaan bukan saja dilihat dari profil TBM namun juga dilihat sejauh mana TBM tersebut mampu memberikan inspirasi dan dampak sosial bagi masyarat sekitar," jelas Yosef Adityo, Corporate Secretary PT. Gramedia Asri Media.

Baca juga: Smart Library, Meningkatkan Mutu Pendidikan lewat Minat Baca

Selanjutnya para pemenang TBM akan mendapatkan development funding berupa hadiah donasi buku selama 1 tahun. Selain itu mereka juga memiliki kesempatan berkolaborasi dalam acara literasi di wilayah masing-masing bersama Gramedia.

4. Puncak acara GESS 2018

Sisri (30), seorang penyandang disabilitas, adalah murid kejar paket A paling menonjol di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sakila Kerti di Terminal Kota Tegal, Jawa Tengah. KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTO Sisri (30), seorang penyandang disabilitas, adalah murid kejar paket A paling menonjol di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sakila Kerti di Terminal Kota Tegal, Jawa Tengah.

Puncak acara nanti akan diisi oleh penampilan spesial dari anak didik masing-masing komunitas baca pemenang GRCC tahun 2016. Sejumlah 100 penampil akan didatangkan dari seluruh Indonesia.

Anak-anak multi talenta ini akan menampilkan pertunjukan seperti membaca, musikalisasi puisi, penampilan teatrikal dan beragam tari dan lagu daerah.

Juga ada inspirational sharing dari Kang Maman (penggerak literasi) dan Ibu Nursyida Syam (penggerak literasi Klub baca perempuan Lombok utara) yang sedang bangkit setelah terkena dampak gempa.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X