Perayaan Bangkitnya Literasi Baca Indonesia - Kompas.com

Perayaan Bangkitnya Literasi Baca Indonesia

Kompas.com - 30/09/2018, 22:46 WIB
Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018, Balai Kartini, Jakarta, 28 September 2018.  Dok. Kompas.com Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018, Balai Kartini, Jakarta, 28 September 2018.

KOMPAS.com - Pagelaran dua tahunan, " Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018" kembali gelar pada 28 September 2018 di Balai Kartini, Jakarta.

GRCC merupakan ajang penghargaan yang diadakan  PT. Gramedia Asri Media kepada taman bacaan atau komunitas baca di tanah air yang telah memberikan inspirasi dalam menumbuhkan literasi baca di Indonesia.

Tahun ini GRCC memberikan penghargaan kepada 20 taman baca dari 5 regional Indonesia atas dedikasi mereka dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat melalu literasi membaca.

Bangkitnya literasi baca Indonesia

Dunia literasi Indonesia mengalami optimisme luar biasa. Hal ini disampaikan Suwandi S. Brata, Publishing and Education Director PT. Gramedia Asri Media dalam sambutan di awal acara.

"Titik balik terjadi di tahun 2015, saat Indonesia menjadi Guest of Honour di Frankrut Book Fair. Terjadi lonjakan luar biasa dalam pertumbuhan jumlah judul buku yang terbit dari 44 ribu menjadi 57 ribu judul," jelas Suwandi.

Suwandi menyampaikan, optimisme ini ditandai mulai awal tahun 2018 dimana penjualan buku mengalami pantulan kenaikan luar biasa hingga mencapai besaran kenaikan 12,23%.

Baca juga: Perjuangan Taman Baca Wadas Kelir, dari Perpustakaan di Teras Rumah hingga Lahirkan Anak Berprestasi

"Data ini mengubah situasi yang awalnya galau menjadi optimisme luar luar biasa. Kita berharap optimisme ini dapat terus terjaga mengingat di bulan Maret 2019, Indonesia berkesempatan ambil bagian dalam London Book Fair dan menjadi Market Book Focus di ajang tersebut," harap Suwandi.

 

Kolaborasi apik penggiat literasi

Gramedia menyadari menumbuhkan literasi baca tidak dapat dilakukan sendiri dan perlu menggandeng komunitas penggiat literasi.

"Salah satunya melalui GRCC, Gramedia mencari mitra taman baca masyarakat (TBM) yang mampu menginsipirasi dan memberi dampak bagi masyarakat dalam membangun literasi baca di Indonesia," papar Yosef Adityo, Corporate Secretary PT. Gramedia Asri Media kepada Kompas.com.

Ia menambahkan, optimisme pertumbuhan dalam angka penjualan buku ini nampaknya sejalan pula dengan tumbuhnya peserta TBA di ajang GRCC. Dari ajang sebelumnya 800 peserta tahun ini peserta TBM mencapai 987.

"Mudah-mudahan kenaikan jumlah peserta TBM kedua ini juga menjadi gambaran optimisme terhadapnya tumbuhnya literasi baca di Indonesia," lanjutnya.

 

Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Kemdikbud Harris Iskandar memberikan apresiasi positif atas kolaborasi Gramedia dan taman/komunitas baca dalam mengembangkan budaya literasi Indonesia.

"Ini merupakan langkah nyata yang dilakukan Gramedia dalam mewujudkan literasi baca bersama masyarakat," tambah Harris.

Harris berharap budaya baca di Indonesia semakin meningkat. "Pemerintah mendukung terus hal ini, salah satunya dengan membebaskan biaya pengiriman buku ke seluruh wilayah Indonesia setiap tanggal 17. Hingga saat ini telah lebih dari 117 ton buku didistribusikan melalui PT Pos Indonesia," jelasnya.

Literasi baca berbasis teknologi

Peresmian website literasinusantara.com dalam ajang GRCC 2018 (28/9/2018).Dok. Kompas.com Peresmian website literasinusantara.com dalam ajang GRCC 2018 (28/9/2018).

Kekuatiran kehadiran teknologi dan karakter generasi milenial tidak menyurutkan optimisme akan tumbuhnya literasi baca di Indonesia.

Terkait hal itu, selain penganugrahan pemenang GRCC 2018, Gramedia juga meluncurkan website baru bernama literasinusantara.com.

Situs web tersebut dirancang khusus untuk mewadahi informasi mengenai literasi seperti artikel, aktivitas, profil komunitas baca/taman baca, forum diskusi dan acara terkait literasi yang diselenggarakan Gramedia.

Secara khusus, dalam website tersedia pilihan menu donasi untuk para penggiat literasi, khususnya pemenang GRCC. Beberapa pilihan donasi meliputi Donasi Operasional, Donasi Paket Buku dan donasi untuk kampanye atau acara literasi yang digelar para pemenang.

Perayaan kebangkitan literasi baca

Salah satu penampilan komunitas baca dari Lombok yang mencuri perhatian dalam ajang GRCC 2018 (28/9/2018)Dok. Kompas.com Salah satu penampilan komunitas baca dari Lombok yang mencuri perhatian dalam ajang GRCC 2018 (28/9/2018)
 

Puncak acara nanti diisi oleh penampilan spesial dari anak didik masing-masing komunitas baca pemenang GRCC tahun 2016.

Sejumlah taman/komunitas baca didatangkan dari seluruh Indonesia. Anak-anak multi talenta ini menampilkan pertunjukan seperti membaca, musikalisasi puisi, penampilan teatrikal dan beragam tari dan lagu daerah.

Juga ada inspirational sharing dari Kang Maman (penggerak literasi) dan Ibu Nursyida Syam (penggerak literasi Klub baca perempuan Lombok utara) yang sedang bangkit setelah terkena dampak gempa. 

Penghargaan kepada penggiat literasi

Donasi bagi para penggiat literasi terkumpul hingga 1 milyar rupiah hingga tanggal 27 September 2018 dan diumumkan dalam GRCC 2018 (28/9/2018)Dok. Kompas.com Donasi bagi para penggiat literasi terkumpul hingga 1 milyar rupiah hingga tanggal 27 September 2018 dan diumumkan dalam GRCC 2018 (28/9/2018)

Gelaran GRCC 2018 memberikan penghargaan kepada para juara dari 5 wilayah regional yang telah ditetapkan Gramedia. Kelima daerah dibentuk karena setiap wilayah memiliki tantangan dan karakteristik berbeda sehingga diputuskan tidak ada 1 juara nasional.

"Kriteria pemenang penghargaan bukan saja dilihat dari profil TBM namun juga dilihat sejauh mana TBM tersebut mampu memberikan inspirasi dan dampak sosial bagi masyarat sekitar," jelas Yosef Adityo, Corporate Secretary PT. Gramedia Asri Media.

 

Para pemenang mendapatkan development funding dan juga hadiah donasi buku selama 1 tahun. Selain itu mereka juga memiliki kesempatan berkolaborasi dalam acara literasi di wilayah masing-masing bersama Gramedia. 

Berikut para penerima penghargaan GRCC 2018:

Regional Sumatera

  • Juara Harapan: Rumah Belajar Ceria - Palembang, Sumatera Selatan
  • Juara 3: Rumah Baca Lembah Sibayak - Karo, Sumatera Utara
  • Juara 2: Rumah Baca Hasan Savvas - Lhokseumawe, Aceh
  • Juara 1: Rumah Baca Bakau - Deli Serdang, Sumatera Utara

Regional Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat

  • Juara Harapan: Yayasan Cinta Baca - Kota Bogor, Jawa Barat
  • Juara 3: Rumah Belajar Saab Shares - Cengkareng, DKI Jakarta
  • Juara 2: TBM Kolong - Ciputat, Tangerang Selatan
  • Juara 1: TBM Warabal - Parung, Kab. Bogor, Jawa Barat

Regional Jawa Tengah dan DI Yogyakarta

  • Juara Harapan: TBM Sakila Kerti - Tegal, Jawa Tengah
  • Juara 3: Tengah TBM Kuncup Mekar - Gunungkidul, DI Yogyakarta 
  • Juara 2: TBM Limpah Pustaka - Purbalingga, Jawa Tengah
  • Juara 1: TBM Wadas Kelir - Purwokerto, Jawa Tengah 

Regional Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan

  • Juara Harapan: Gelaran Jambu - Kediri, Jawa Timur
  • Juara 3: Rumah Pelangi - Gresik, Jawa Timur 
  • Juara 2: Kampoeng Batja - Jember, Jawa Timur 
  • Juara 1: Rumah Literasi Indonesia - Banyuwangi Jawa Timur

Regional NTT, Sulawesi dan Indonesia Timur

  • Juara Harapan: Heka Leka - Ambon, Maluku
  • Juara 3: Papua HEI - Serui, Kab. Kepulauan Yapen, Papua.
  • Juara 2: Komunitas Muda Positif Fakfak (KomposTIFA) - Fakfak, Papua Barat 
  • Juara 1: Jaringan Relawan untuk Kemanusiaan (JRUK) Sumba - Sumba, NTT 

 

 

 

 



Close Ads X