Pesan Hari Batik Nasional untuk Siswa "Zaman Now"

Kompas.com - 02/10/2018, 16:44 WIB
Siswa-siswa SD Tarakanita 2 Jakarta membatik bersama pada Selasa (2/10/2018), saat peringatan Hari Batik Nasional. Tema yang diusung kali ini adalah Budaya, Identitas, dan Kebanggaan Kita. 
Dokumentasi SD Tarakanita 2 JakartaSiswa-siswa SD Tarakanita 2 Jakarta membatik bersama pada Selasa (2/10/2018), saat peringatan Hari Batik Nasional. Tema yang diusung kali ini adalah Budaya, Identitas, dan Kebanggaan Kita.

KOMPAS.com - Wajah Tiara dan Binsar tampak berseri ceria. Pada pagi menjelang siang, Selasa (2/10/2018), kedua siswa SD Tarakanita 2 itu berkesempatan mengikuti kegiatan membatik di sekolah mereka, di Jakarta Selatan.

Bagi Tiara dan Binsar, membatik adalah pengalaman kali pertama. "Kami puas dengan karya kami," tutur keduanya.

Pada hari ini, ungkap Kepala SD Tarakanita 2 Angelbertha Dwi Astuti Nurmawati dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, seluruh siswa dari kelas 1 hingga 6 SD Tarakanita 2 ikut serta dalam kegiatan membatik bersama.

Kegiatan yang dilakukan bertepatan dengan Hari Batik Nasional ini mengusung tema "Budaya, Identitas, dan Kebanggaan Kita".

"Kami menggunakan teknik membatik jumputan dan shibori," ujarnya.

Belajar teknik membatik

Menurut informasi pada laman masfikr.com, batik jumputan adalah salah satu jenis batik menggunakan teknik jumputan untuk membuat motif. Caranya dengan mengikat kencang beberapa bagian kain kemudian dicelupkan pada pewarna pakaian.

BacaRaih Omzet Ratusan Juta dari Jualan Mukena

Batik jumputan juga sering disebut dengan batik ikat celup. Pasalnya, proses pembuatannya dengan mengikat dan mencelupkan kain ke dalam pewarna.

Kemudian, batik shibori dalam catatan laman marketplays.com adalah pembuatan pola pada kain dilakukan dengan pencelupan pada pewarna. Teknik shibori yang berasal dari kesenian Jepang sejatinya mirik dengan teknik membatik Indonesia.

Pada teknik membatik Indonesia, pola yang akan dilindungi dari pewarna ditutup dengan lilin malam. Lazimnya, proses ini menggunakan canting.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X