Kompas.com - 11/10/2018, 17:04 WIB

KOMPAS.com - The Times Higher Education (THE) telah merilis pemeringkatan universitas dunia (World University Rankings/WUR) untuk tahun 2019 dengan melibatkan lebih dari 1.250 perguruan tinggi.

Secara rutin THE menggunakan 5 indikator penting dalam menentukan pemeringkatan ini yakni meliputi: pengajaran (30%), riset (30%), kutipan penelitian (30%), rasio dosen/mahasiswa/kelas internasional (7,5%) dan dampak ke dunia industri/bisnis (2,5%).

Berdasarkan ke-5 indikator tersebut, ada 5 universitas di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan tersebut. Universitas apa saja?

5 universitas terbaik Indonesia versi THE

Ilustrasi 5 Universitas Terbaik Indonesia versi The Times Higher EducationDok. The Times Higher Education Ilustrasi 5 Universitas Terbaik Indonesia versi The Times Higher Education

Dilansir dari laman resmi THE, berikut daftar 5 universitas Indonesia terbaik tahun 2019:

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), peringkat 1001 +, dengan total nilai 9.8 - 18.9.

4. Universitas Gadjah Mada (UGM), peringkat 1.001+, dengan total nilai 9.8 - 18.9.

Baca juga: Berniat Kuliah Internasional? Cek Dulu 10 Universitas Terbaik 2019

3. Institut Pertanian Bogor (IPB), peringkat 1.001+, dengan total nilai 9.8 - 18.9.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB), peringkat 801-1.000, dengan total nilai 19 - 25.9.

1. Universitas Indonesia (UI), peringkat 601-800, dengan total nilai 26-33.4.

Meski ITS, UGM dan ITB berada dalam klaster yang sama, urutan pemeringkatan tetap dilakukan berdasarkan nilai tertinggi dari setiap indikator yang telah ditentukan.

ITS menjadi universitas baru dari Indonesia yang masuk dalam daftar WUR THE tahun ini. Tahun sebelumnya, UI berada diperingkat ke-3 setelah UGM dan ITB. Jumlah universitas Indonesia yang masuk dalam daftar WUR THE terus mengalami peningkatan dari hanya 2 universitas di tahun 2017 menjadi 5 universitas di tahun 2018.

Daftar lengkap pemeringkatan universitas di Indonesia versi THE dapat dilihat melalui tautan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.