Kompas.com - 16/10/2018, 20:07 WIB

KOMPAS.com - Tujuh tim Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) berhasil membawa pulang 9 medali di International Young Inventors Awards (IYIA) ke-5, di Bali Beach Sanur, Bali. 

Ketujuh tim berasal dari departemen berbeda: 4 tim Departemen Kimia, 2 tim Tim Teknik Kimia Industri Aryaraka, dan 1 tim dari Tim Antena Teknik Material. Dari perolehan sembilan medali dari kontingen ITS, 3 di antaranya adalah medali emas.

Dua emas disumbangkan tim Departemen Kimia sekaligus. Selanjutnya, emas kedua diperoleh dari Microbial Fuel Cell (MFC) inovatif. Inovasi ini adalah andalan tim yang diketuai oleh Wulan Aulia.

“Sangat senang bisa bersaing di kancah internasional, terutama ketika tim kami berhasil mempersembahkan medali emas untuk ITS,” kata Wulan seperti dikutip dari laman resmi ITS.

Baca juga: Ini Dia Daftar Universitas Paling Inovatif di Dunia

Meski begitu, lanjut Wulan, keberhasilan ini bukanlah akhir perjuangan timnya, karena masih banyak proses yang harus dikembangkan lebih lanjut nantinya. Bukan hanya medali emas, dua tim lainnya dari Departemen Kimia juga berhasil menyumbangkan medali perak.

Sementara medali emas ketiga dimenangkan oleh ITS dari Tim Antrean Teknik Material. Dalam acara empat hari ini, Tim Antasena membawa tiga karya sekaligus yaitu Roda Karbon Antasena, Antasena Vledee A-1 dan Antasena Al-Air Battery P-1. Melalui tiga karya inovatif ini, dua dari mereka masing-masing menerima satu medali perunggu.

Sementara itu, medali perak dan perunggu lainnya berhasil dibawa pulang oleh Tim Aryaraka berkat ide pengolahan limbah industri menjadi biogas dan pengolahan air bilga dengan elektrokoagulasi menggunakan elektroda aluminium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.