Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, 6 Universitas Terbaik Asia versi Times Higher Education

Kompas.com - 12/10/2018, 09:48 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - The Times Higher Education THE telah memetakan peringkat lebih dari 350 perguruan tinggi dan universitas dari 25 negara di Asia

Jepang memimpin dengan 89 universitas dalam pemeringkatan, sementara China berada di posisi kedua dengan 63 institusi peringkat. India menjadi negara ketiga paling banyak  dengan 42 universitas masuk dalam pemeringkatan.

Peringkat universitas Asia didasarkan pada 5 indikator kinerja utama yang sama dengan THE World University Rankings (WUR) meliputi: pengajaran (30%), riset (30%), kutipan penelitian (30%), rasio dosen/mahasiswa/kelas internasional (7,5%) dan dampak ke dunia industri/bisnis (2,5%).

Memiliki rencana kuliah di salah satu negara Asia? Simak 6 terbaik universitas Asia versi THE:

6. Nanyang Technological University, Singapura

Meskipun baru berusia 27 tahun, Nanyang Technological University (NTU) secara konsisten selalu masuk dalam pemeringkatan universitas terbaik dunia. 

Berada di 50 universitas teratas dalam peringkat dunia versi THE, NTU sangat terkenal untuk jurusan teknik dan teknologi dan memiliki berbagai sekolah teknik tergabung dalam College of Engineering.

The Nanyang Business School menjadi bagian terbesar dari universitas ini dengan memiliki160 profesor dari 20 negara untuk mengajar akuntansi dan bisnis baik bagi mahasiswa dan mahasiswa pascasarjana.

Sekitar 25.000 mahasiswa terdaftar di universitas ini, 30 persen adalah mahasiswa internasional.

Baca juga: 5 Universitas Terbaik Indonesia 2019 versi Times Higher Education

NTU menjalankan program beasiswa untuk menarik siswa sekolah terbaik yang juga memiliki prestasi ekstrakurikuler yang luar biasa. Yang mengejutkan meski fokus dalam teknologi, sebagian besar lulusan banyak menjadi politisi dan pegawai pemerintah di Singapura. 

5. Hong Kong University of Science and Technology, Hong Kong

Baru masuk dalam lima besar tahun ini, Hong Kong University of Science and Technology didirikan tahun 1991. Universitas ini berfokus pada pengajaran dan pembelajaran ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, manajemen dan studi bisnis. 

Hong Kong University of Science and Technology juga menawarkan jurusan ilmu sosial dan humaniora. Perpustakaan Lee Shau Kee terletak di pusat di kampus dan memiliki lebih dari 720.000 buku cetak dan elektronik dan 47.000 majalah.

Perpustakaan ini terkenal karena memiliki koleksi peta-peta tua Cina dan seluruh Asia yang diproduksi oleh kartografer Cina dan Barat selama 500 tahun terakhir.

4. University of Hong Kong, Hong Kong

Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar utama di Universitas Hong Kong (HKU) sehingga tidak menjadi kesulitan bagi mahasiswa internasional seperti dari Indonesia.

Penerimaan universitas ini dikenal sangat selektif hanya berkisar 12 aplikasi untuk setiap jurusan bagi sarjana internasional. 

Program sarjana membutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk menyelesaikannya dan tambahan 1 atau 2 tahun lagi untuk program kedokteran. Semua siswa lokal sekarang diminta untuk mengambil kursus bahasa Inggris dan Cina.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com