Kompas.com - 18/10/2018, 23:37 WIB
Mahasiwa UB meraih medali emas kategori The Most Impactfull Innovation dan Special Award dalam ajang International Young Innovators Summit (IYIS) 2018 di Tokyo, Jepang. Dok. UBMahasiwa UB meraih medali emas kategori The Most Impactfull Innovation dan Special Award dalam ajang International Young Innovators Summit (IYIS) 2018 di Tokyo, Jepang.

KOMPAS.com - Dua delegasi Fakultas Pertanian (FP) Universitas Brawijaya (UB) meraih medali emas dalam kategori The Most Impactfull Innovation dan Special Award dalam ajang International Young Innovators Summit (IYIS) 2018 yang berlangsung selama 4 hari (8-11/10/2018) di Tokyo, Jepang. 

Cindy Diah Ayu Fitriana (Agroekoteknologi 2015) dan Achmad Roekhan (Agroekoteknologi 2017) berhasil membawa pulang medali emas dalam kompetisi internasional tersebut.

Inovasi yang dikompetisikan oleh tim FP dalam ajang IYIS 2018 ialah pemberdayaan masyarakat di Kawasan UB Forest dalam upaya mengurangi permasalahan kemiskinan Dunia yang berbasis kearifan lokal Indonesia.

Judul diusung dalam kompetisi ini yaitu "Omah Lestari : Empowerment of Village community in the area of Brawijaya University's Forest based on PANCASILA as a local wisdom to realize SDG's 2030".

Omah Lestari merupakan sebuah konsep rumah dengan memanfaatkan keanekaragaman serangga hutan sebagai kerajinan tangan dan budidaya lebah madu hutan. Budidaya lebah madu hutan di kawasan UB Forest berpotensi melejitkan perekonomian desa.

Baca juga: Pemerintah Akan Beri Beasiswa Mahasiswa Korban Bencana di Sulteng

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Ajang International Young Innovators Summit (IYIS) 2018 ini diikuti 50 delegasi terpilih dari seluruh negara dengan perwakilan dari Indonesia sebanyak 11 delegasi.

Mereka terdiri dari empat tim dari UB, dua tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), tiga tim dari Institut Pertanian Bogor (IPB), satu dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan satu dari Universitas Indonesia (UI) serta 39 dari mahasiswa dari negara lain.

Sebanyak 50 delegasi terpilih memperebutkan sepuluh medal emas untuk 5 kategori meliputi; The most impactful innovation, Best solution, Best Idea Innovation, Most creative innovation dan The most outstanding innovation.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.