Kompas.com - 23/10/2018, 10:57 WIB

KOMPAS.com — Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah memastikan biaya pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 tidak akan mengalami kenaikan.

Hal ini disampaikan pihak Kemenristekdikti pada konferensi pers penetapan kebijakan baru SBMPTN Tahun 2019 di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, 22 Oktober 2018.

Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam konferensi pers menyampaikan, terdapat sejumlah ketentuan baru berbeda dari tahun sebelumnya.

Terkecuali biaya pendaftaran SBMPTN tidak mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu.

Biaya tidak berubah

Ketua Panitia SBMPTN Ravik Karsidi menyebutkan biaya pendaftaran SBMPTN 2019 tidak mengalami perubahan, yakni Rp 200.000.

Ravik menambahkan, dengan membayar uang pendaftaran Rp 200.000 pada setiap tes pada SBMPTN 2019, calon mahasiswa dapat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebanyak dua kali.

Baca juga: Asyik, SBMPTN 2019 Bisa Ikut 2 Kali Ujian!

Ia menambahkan, peserta dapat menggunakan nilai tertingginya dalam mendaftar program studi yang diinginkan. Pada dua kali UTBK, jenis soal akan sama, tetapi pertanyaannya berbeda.

"Jika kurang puas pada hasil UTBK pertama, peserta diperbolehkan mengikuti tes kembali. Hasil kedua tes tersebut dapat menjadi acuan bagi PTN tujuan," ujar Nasir. Ia menambahkan, peserta SBMPTN nantinya dapat memilih nilai tertinggi untuk mendaftar ke PTN pilihan mereka.

Perubahan tahapan SBMPTN

Meski biaya pendaftaran tidak mengalami perubahan, sisi tahapan dan prosedur SBMPTN 2019 mengalami perubahan signifikan. 

"Kalau tahun sebelumnya peserta daftar dulu baru tes, maka ketentuan di tahun 2019 adalah tes dulu kemudian dapat nilai. Nah nilai tersebut dipakai untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri,” ujar Menristekdikti.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.