Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Gelar Latihan Kepemimpinan bagi Siswa SMP

Kompas.com - 24/10/2018, 22:35 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar pelatihan kepemimpinan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada kegiatan tahunan Kawah Kepempinan Pelajar (KKP).

Tahun ini, KKP diikuti 540 siswa dan 60 pendamping. Peserta berasal dari 60 sekolah dari 15 kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 23-26 Oktober 2018.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan penyiapan calon pemimpin harus dimulai sejak dini melalui pelatihan bagi siswa yang memiliki potensi kepemimpinan dan dapat dibina.

Pelatihan berkesinambungan

 

"Intinya, semakin banyak yang kita bina untuk menjadi pemimpin di masa depan akan semakin bagus" ujarnya Mendikbud saat membuka KPP, di Yogyakarta, Selasa (23/10/2018).

Baca juga: OPSI 2018 dan Pemajuan Penelitian Siswa Indonesia

Dengan demikian, terdapat proses agregasi sehingga otomatis (para siswa pelatihan kepempinan) akan tersaring secara berjenjang sampai SMA dari seluruh wilayah.

Menteri Muhadjir menjanjikan pelatihan kepemimpinan bagi siswa ini akan berlangsung berkesinambungan di setiap sektor pendidikan.

"Seperti kemarin sudah kita lakukan di cabang olah raga sepak bola untuk siswa, nanti kita akan terus lakukan di setiap bidang sehingga kita akan ada stok banyak calon pemimpin," jelas Muhadjir seperti dilansir dari laman resmi Kemendikbud.

Bimbingan lewat 3 pilar

Saat bersamaan, Menteri Muhadjir berpesan agar para peserta dapat berperan aktif dalam pelatihan KKP. "Belajarlah dengan baik saat ini supaya bisa jadi pemimpin di masa depan, dengarkan para trainer dan ikuti latihan yang diberikan sehingga dapat menunjukkan diri kalian sebagai orang terpilih," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kemendikbud, Hamid Muhammad, menjelaskan bahwa jiwa kepempinan terbentuk melalui bimbingan integratif dari tiga pilar, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

Dirjen Hamid mengungkapkan sekolah menjadi pilar yang strategis untuk membentuk jiwa kepemimpinan bagi siswa, sehingga kegiatan mendidik bukan sekadar berorientasi pada kegiatan akademik.

Saat ini, pembentukkan jiwa kepemimpinan telah terlaksana melalui kegiatan intra maupun ekstrakurikuler di sekolah, seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Pramuka, Jurnalistik, Palang Merah Remaja (PMR), kegiatan kerohanian, dan klub olah raga.

Unggul, berkarakter dan berkarya

"Disini KKP merupakan kegiatan melatih, mengembangkan. memantapkan diri, dan bertukar pengalaman mengenai model kepemimpinan yang efektif dan bermanfaat untuk menciptakan pemimpin ideal bagi Indonesia," jelasnya.

KKP tahun ini mengangkat tema, "Unggul, Berkarakter dan Berkarya", dengan memprioritaskan siswa yang aktif di organisasi atau kegiatan ekstrakurikuler sekolah, mempunyai potensi kepemimpinan dan dipilih oleh sekolah.

Pelatihan KKP mencakup dua model, pertama, model pelatihan teoritik yang berlangsung searah dan dialogis dengan menggunakan permainan edukatif. Kedua, model pelatihan praktek dengan berbentuk diskusi, permainan simulasi kepemimpinan, sidang pleno, tugas kelompok, dan tugas pribadi.

Sasaran kedua model pelatihan guna mencapai nilai-nilai budi pekerti, yaitu religius, kepemimpinan, peduli, disiplin, mandiri, kerja sama, jujur, solutif, nasionalisme, demokratis dan bertanggungjawab

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com