Terbaru, Daftar 10 Universitas Terbaik Asia Versi QS World 2019

Kompas.com - 25/10/2018, 11:43 WIB
Ilustrasi. National University of Singapore Dok. The Times Higher EducationIlustrasi. National University of Singapore

KOMPAS.com — QS Asia University Rankings 2019, telah dirilis sebagai gambaran keunggulan standar akademik universitas di wilayah Asia.

Tahun lalu, sekitar 450 universitas masuk dalam daftar QS Wolrd University Rankings dan tahun ini jumlahnya bertambah cukup signifikan mencapai 505 universitas.

QS World University Ranking menggunakan beberapa indikator penting dalam pemeringkatan, yaitu reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio fakultas dan mahasiswa, kutipan jurnal ilmiah, fakultas internasional, dan mahasiswa internasional.

Berikut daftar 10 universitas terbaik di Asia:

10. Seoul National University (SNU)

Seoul National University (SNU) didirikan pada 1946 melalui penggabungan 10 institusi pendidikan tinggi, dan menempati peringkat ke 36 di QS World University Rankings 2019 .

SNU memperoleh penilaian sangat baik terutama dalam reputasi akademik dan reputasi lulusan. Nyaris mencapai skor sempurna untuk kedua indikator ini. SNU banyak melahirkan lulusan di dunia K-Pop dan politisi Korea, termasuk mantan Presiden Korea Selatan, Kim Young-Sam.

9.  Universitas Cina Hong Kong (CUHK) 

Didirikan tahun 1963, CUHK adalah universitas muda yang masuk jajaran Top 10 peringkat universitas Asia tahun ini dan masuk dalam peringkat ke- 49 universitas dunia.

Baca juga: Terbaru, 22 Universitas Indonesia Masuk QS Rankings Asia, Apa Saja?

CUHK tidak diragukan lagi dalam menetapkan standar ideal keunggulan akademik. Universitas ini mencapai skor sempurna untuk indikator fakultas internasional, siswa internasional, dan mahasiswa pertukaran.

8. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Sebagai lembaga sains dan teknik penelitian pertama Korea Selatan, KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technolog ) didirikan tahun 1971 dan saat ini menduduki peringkat 40 terbaik dunia.

Masuk peringkat ke-8 Asia, universitas ini mendapat penilaian baik untuk semua kategori, terutama dalam akademisi. KAIST mencapai nilai sempurna untuk indikator penilaian persentase staf dengan gelar PhD, dan juga kutipan jurnal ilmiah serta jumlah penelitian yang diterbitkan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X