6 Murid SMP Wakili Indonesia di Kompetisi Roket Air Internasional

Kompas.com - 06/11/2018, 13:59 WIB
Keenam delegasi dari Indonesia dalam perlombaan roket air di ajang APRSAF ke-25. Lapan.go.idKeenam delegasi dari Indonesia dalam perlombaan roket air di ajang APRSAF ke-25.

KOMPAS.com - Murid Indonesia meraih prestasi dalam ajang Asia-Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) ke-25 di Singapura. Lomba tahunan roket air ini berlangsung pada 2-4 November 2018.

APRSAF merupakan forum antariksa yang bertujuan untuk meningkatkan kegiatan ruang angkasa di kawasan Asia-Pasifik.

Adapun, lomba ini dihadiri 66 peserta dari 12 negara, antara lain Bangladesh, Kamboja, Jepang, China, Indonesia, Malaysia, Nepal, Srilanka, Thailand, Vietnam, India, dan Singapura.

Dari 66 peserta yang ikut, Indonesia mengirimkan enam orang, yakni Navida Rahma R (MTSN 1 Pontianak), Wildan Mukmin (SMP Muhammadiah 3 Bandar Lampung), Anggi Rama Dani (SMPN 37 Bandar Lampung), Irsyad Arif Firminsyah (SMPN 1 Magelang), Nauval Muhammad Muzaki (SMPN 1 Magelang), dan Muhammad Razan Radity (SMPN 1 Magelang).

"Mereka itu adalah pemenang 1, 2, 3 dan harapan 1,2,3 pada kompetisi roket air tingkat nasional yang diselenggarakan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP Iptek) bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan)," ujar Kepala Subbag Publikasi dan Perpustakaan Lapan, Andriani Agustina, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/11/2018).

Berlatih roket air

Sebelum mengikuti lomba roket air ini, enam peserta dilatih dan dibimbing oleh PP Iptek dan Lapan pada 30 Oktober-1 November 2018.

Selama pelatihan, mereka dibina oleh Perwakilan PP Iptek, Mahfud AY. Dalam pelatihan, Mahfud menjelaskan secara sederhana mengenai roket sebagai ruang tertutup berisi udara bertekanan.

Mahfud juga menjelaskan mengenai sistem kerja roket air, yaitu terdapat celah atau lubang kecil tempat keluarnya udara yang dapat menimbulkan gaya dorong.

Adapun gaya dorong ini yang memungkinkan roket air melaju dengan cepat ke udara.

Setelah berlatih kurang lebih seminggu, mereka berangkat ke Singapura untuk mengikuti lomba roket air.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X