Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

523 Tim Mahasiswa Berlaga di UTU Awards 2018

Kompas.com - 06/11/2018, 22:45 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 523 tim mahasiswa dari seluruh Indonesia mengikuti kompetisi nasional "4th UTU Awards" yang rutin digelar Universitas Teuku Umar (UTU) setiap tahun.

Dari seluruh tim tersebut dipilih 5 nominasi terbaik untuk 4 kategori perlombaan yang meliputi Kategori Perencanaan Bisnis, Karya Innovatif Berbasis Agro dan Marine, Kategori Riset Berbasis Entrepreneurship serta kategori Desain Toko Online.

Rektor UTU, Prof. Jasman J. Ma’ruf menyambut baik antusias para mahasiswa se-Indonesia yang mengikuti ajang tersebut. Dikutip dari laman resmi Kemenristekdikti, Prof. Jasman menyampaikan UTU Awards tahun ke-4 ini diikuti 87 Perguruan Tinggi dengan rincian, 67 Universitas, 9 Politeknik, 6 Institut, 5 Sekolah Tinggi dari seluruh Indonesia.

 

Secara lebih rinci Prof Jasman menyampaikan kampus terbanyak pendaftar berasal dari Universitas Brawijaya (UB) sebanyak 101 tim, Institut Pertanian Bogor (IPB) sebanyak 33 tim, Universitas Teuku Umar 31 tim, Universitas Gajah Mada 25 tim, Universitas Diponegoro tim 22, Universitas Islam Indonesia 22 tim, Universitas Sumatera Utara 21 tim, Institut Teknologi Bandung 20 tim, Universitas Syiah Kuala 18 tim dan selebihnya dari 78 kampus lainnya di Indonesia.

Baca juga: Kemenristek Imbau Magang dan Wirausaha jadi Bagian Pendidikan Tinggi

Sementara itu, dari 4 kategori yang diperlombakan mayoritas mahasiswa mengikuti kategori Produk Inovatif yakni sebanyak 218 tim, disusul kategori Perencanaan Bisnis 155 tim kemudian kategori Riset Berbasis Entrepreneurship 83 tim serta kategori Desain Toko Online 67 tim. 

Para nominasi masuk 5 terbaik di masing-masing bidang diundang ke Universitas Teuku Umar (6/11/2018) untuk mempresentasikan karya dihadapan dewan juri berasal dari UGM, UI, ITB, IPB, Undip, Kemenristekdikti, BPPT, UB, UNY, UTU, Unsyiah, dan Universitas Bengkulu.

Rencananya, pemberian awards dan piala Menristekdikti akan diberikan pada malam anugerah UTU Awards pada 10 November 2018 di UTU.

Prof. Jasman juga menambahkan kegiatan UTU Awards telah mendapat sambutan baik yang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pada 2nd UTU Awards 2016 diikuti 215 tim, 3rd UTU Awards 2017 diikuti 272 tim dan pada 4th UTU Awards 2018 diikuti 523 tim.

UTU Awards digelar setiap tahun dengan harapan para lulusan perguruan tinggi nantinya memiliki bekal dan berkarakter kewirausahaan atau sebagai trend setter terciptanya wirausahawan baru di Indonesia.

Kegiatan ini juga menjadi starting point menggali ide kreatif dan inovatif mahasiswa sehingga diharapkan muncul gagasan atau ide baru pada bidang agro dan industri kelautan sesuai kompetensi utama UTU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com