Universitas Budi Luhur Mewisuda 1.470 Lulusan

Kompas.com - 13/11/2018, 18:35 WIB
Universitas Budi Luhur menggelar wisuda 1.470 lulusannya pada 10 Nopember 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta. Dok. Universitas Budi LuhurUniversitas Budi Luhur menggelar wisuda 1.470 lulusannya pada 10 Nopember 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

KOMPAS.com -  Universitas Budi Luhur menggelar wisuda 1.470 lulusannya pada 10 Nopember 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Dari jumlah tersebut, lulusan terbanyak berasal dari Program Studi (Prodi) Manajemen menghasilkan 256 lulusan, disusul dengan Sistem Informasi 185 lulusan, Akuntansi 171 lulusan, dan Teknik Informatika 161 lulusan.

Wisuda ini sekaligus menjadi wisuda perdana bagi Prodi Kriminologi yang baru didirikan tahun 2014.

Terkait wisuda perdana Prodi Kriminologi, Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro mengatakan, “Bersyukur kami merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki Program Studi Kriminologi. Di Indonesia hanya ada 3, yaitu di Universitas Budi Luhur, Universitas Islam Riau dan Universitas Indonesia.”

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Didik Sulistyanto menyatakan, “Alhamdulillah angka (lulusan) ini merupakan rekor tertinggi dibanding jumlah peserta wisuda yang pernah ada sebelumnya."

Wisudawan berprestasi

Dari 1.470 wisudawan, tercatat 170 wisudawan merupakan penerima beasiswa. Beasiswa terbagi dalam kategori: beasiswa atlet, beasiswa putra daerah, beasiswa prestasi akademik, dan beasiswa sosial (yatim piatu dan kurang mampu).

Baca juga: Terbaru, Daftar 10 Universitas Terbaik Asia Versi QS World 2019

Nilai pencapaian tertinggi wisudawan diraih Gafar Ali dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,99. Gafar Ali juga tercatat pernah mengikuti magang di PT Farglory Logistics Taiwan selama 4 bulan pada tahun 2017 dan menjadi mahasiswa tamu (sit in) di Hz University of Applied Sciences Belanda, selama 10 hari tahun 2016 dan saat ini sudah bekerja di PT Andalan Finance.

Wisudawan dengan capaian Summa Cum Laude (IPK di atas 3,9) diraih (1) Gafar Ali IPK 3,99 dari Prodi Manajemen, (2) Robani Achsan dengan IPK 3,97 dari Prodi Studi Akuntansi (3) Suherman dengan IPK 3,96 dari Prodi Elektro (4) Anastasia Niken Santari dengan IPK 3,96 dari Prodi Ilmu Komunikasi.

Dari Prodi Magister Ilmu Komunikasi capaian Summa Cum Laude diraih Ferrari Lancia dengan IPK 3,93 dan Wisudawan terbaik Akademi Sekretari diraih Amanda Kurniasari Tamira dengan IPK 3,95.

Mahasiswa berprestasi

Dalam kesempatan wisuda tersebut Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Didik Sulistyanto juga menyampaikan beberapa prestasi yang diraih mahasiswa, di antaranya:

  • Rajiah Salsabila, Fakultas Teknologi Informasi mempersembahakan medali emas pada Asian Games 2018.
  • Mahasiswa Program Studi Elektro membuat mobil listrik diberi nama BLITS – BL ITS, hasil kolaborasi riset Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan dijadwalkan keliling Indonesia tahun 2019.
  • Mohammad Ribhul Azeem, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi memperkenalkan budaya betawi Ondel-Ondel pada forum Asia Undergraduate Research Symposium, Tokyo, 9-15 Oktober 2018.
  • Duapuluh sembilan (29) mahasiswa mendapatkan kesempatan magang di Farglory, sebuah perusahaan eksport import terbesar di Taiwan pada Mei – Agustus 2018.
  • Muhammad Firdaus, alumni tahun 2017 konsentrasi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komunikasi menjadi pemenang CBR250CC Virtual Modification Challenge 2018, yang diadakan Honda Motor Indonesia pada 2 November 2018, di ICE, Serpong, Tangerang.

Peserta wisuda kali ini adalah mereka yang berhasil menyelesaikan studi Ahli Madya (D3), Sarjana (S1) dan Pasca Sarjana (S2) pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 lalu.

Hadir dalam acara ini Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Prof Intan Ahmad mewakili Menteri Ristekdikti, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti III) Illah Sailah dan beberapa profesor dan rektor dari PTN/ PTS yang tergabung dalam konsorsium PT Indonesia – India.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X