Indonesia Gandeng Denmark Tingkatkan Kemampuan Sains dan Matematika

Kompas.com - 14/11/2018, 23:11 WIB
Kerja sama dalam kunjungan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus Abildgaard Kristensen, Rabu (13/11/2018), di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. Dok. KemendikbudKerja sama dalam kunjungan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus Abildgaard Kristensen, Rabu (13/11/2018), di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

KOMPAS.com - Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng Denmark untuk peningkatan kemampuan Sains dan Matematika.

Langkah kerja sama tersebut dijajaki dalam kunjungan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus Abildgaard Kristensen, Rabu (13/11/2018), di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Pada pertemuan tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy merinci peluang kerja sama antara Indonesia-Denmark.

Peluang tersebut meliputi pembelajaran pengelolaan manajemen sekolah baik negeri maupun swasta, pengembangan keterampilan pendidikan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) serta peningkatan kemampuan siswa Indonesia dalam High Order Thinking Skills (HOTS).

Baca juga: UI Siap Dukung Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika

Dilansir dari rilis berita Kemendikbud, berdasarkan capaian Denmark dalam score Programme for International Students Assessment (PISA) selalu menempati peringkat atas dunia (tahun 2016 peringkat ke-15 dan Indonesia peringkat ke-62); peningkatan kompetensi guru Indonesia yang memiliki skill abad 21, dan; kolaborasi peningkatan pendidikan kejuruan dengan prioritas maritim dan pariwisata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerja sama tersebut mencakup pelatihan maupun pertukaran guru dan siswa termasuk peningkatan keterampilan dalam pembelajaran kreatif dan keterampilan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) siswa di jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), dasar, menengah, dan kejuruan.

Saat ini tercatat, sebanyak 51 juta pelajar Indonesia dan 3 juta orang guru sehingga perlu keseriusan pemerintah dalam melakukan peningkatan kualitas dan keterampilan bagi guru dan siswa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.