Menggedor Potensi Wirausaha Generasi Milenial

Kompas.com - 22/11/2018, 21:37 WIB
UTS Insearch menggandeng Steven Tjan, Managing Director Boga Group Jawa Timur memberikan inspirasi semangat entrepreneurship bagi siswa SMA di 4 kota Indonesia: Jakarta, Surabaya, Medan dan Makassar. Dok. UTS InsearchUTS Insearch menggandeng Steven Tjan, Managing Director Boga Group Jawa Timur memberikan inspirasi semangat entrepreneurship bagi siswa SMA di 4 kota Indonesia: Jakarta, Surabaya, Medan dan Makassar.

KOMPAS.com - UTS Insearch, jalur perkuliahan untuk Universitas Teknologi Sydney menggandeng Steven Tjan, Managing Director Boga Group Jawa Timur untuk memberikan inspirasi dan semangat entrepreneurship bagi siswa SMA di 4 kota Indonesia: Jakarta, Surabaya, Medan dan Makassar.

"Perkembangan siswa SMA saat ini sangat luar biasa dalam entrepreneurship. Mereka mampu memecahkan tantangan yang diberikan dengan ide dan kreativitas yang luar biasa," jelas Steven dalam diskusi bersama media, 22 November 2018, di Jakarta.

Potensi milenial Indonesia

Ada banyak ide menarik saat Steven memberi tantangan inovasi recyle kepada para siswa dalam berpartisipasi menjaga lingkungan.

"Idenya sangat luar biasa, mulai dari pemanfaatan sampah sebagai pengganti batu bata hingga vending machine yang dapat menukar sampah plastik dengan potongan SPP (uang sekolah)," cerita Steven kepada Kompas.com.

Baca juga: SIF Dorong Orang Muda Kembangkan Wirausaha Sosial lewat YSE 2018

Ia menambahkan, hal ini menunjukan potensi entrepreneurship generasi milenial Indonesia saat ini luar biasa.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal senada disampaikan Mariam Kartikatresni, Director Indonesia Development, UTS Insearch.

"Hal ini seiring dengan pernyataan Presiden Joko Widodo akan harapannya di Indonesia untuk bisa menghasilkan lebih banyak unicorn, mengikuti keempat perusahaan rintisan bernilai lebih dari US$ 1 miliar seperti Tokopedia, Go-Jek, Traveloka dan Bukalapak," ujar Mariam.

Ia menambahkan, pendidikan menjadi langkah awal menuju kesuksesan dalam mengembangkan start up ini.

Kombinasi pendidikan dan pengalaman

Berkaitan dengan hal ini, Steven Tjan berharap para wirausahawan muda dapat menjadi sukses. Ia memberikan semangat kepada mereka agar terbuka terhadap pengetahuan, pengalaman, dan fokus pada tujuan hidup mereka.

“Untuk menjadi wirausahawan yang berhasil, kita harus memiliki minat tentang apa yang sedang kerjakan,” ujar Steven. “Saya selalu ingin menjadi pengusaha itu sudah ada dalam diri saya, saya senang menciptakan hal baru dan memecahkan sebuah persoalan.”

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X