Kompas.com - 15/12/2018, 20:21 WIB

KOMPAS.com - Sejak tahun 2016, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)  secara rutin mengeluarkan daftar peringkat perguruan tinggi se-Indonesia. 

Setiap tahun, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) meraih prestasi membanggakan, di antaranya Pengelolaan Manajemen Terbaik (2016) serta Politeknik Terbaik (2017).

Di tahun 2018, PENS kembali mendapatkan penghargaan kali ini 3 penghargaan sekaligus diberikan Menristekdikti untuk kategori Bidang Kemahasiswaan Kategori Perguruan Tinggi Vokasi.

Penghargaan prestasi mahasiswa

Penghargaan ini diberikan pada Malam Penganugerahan Bidang Kemahasiswaan pada Jumat, 14 Desember 2018 di Jakarta.

Baca juga: Politeknik Siap Menjadi Motor Era Industri 4.0

Penghargaan itu diantaranya :

  • Terbaik 1 Prestasi Mahasiswa di Kegiatan Lomba Kemenristekdikti
  • Terbaik 1 Prestasi Mahasiswa di Kegiatan Lomba Mandiri
  • Terbaik 2 Prestasi Mahasiswa di Kegiatan Non-Lomba

Penilaian pemeringkatan bidang kemahasiswaan didasarkan pada jumlah prestasi yang diraih mahasiswa. Hal ini dilakukan dengan mengunggah bukti prestasi seperti sertifikat, foto, serta website sebagai syarat menunjukkan prestasi tersebut benar diraih mahasiswa.

Konsistensi kerja keras tim

Penilaian pemeringkatan ini dilakukan ketat Kemenristekdikti melalui Direktorat Kemahasiswaan dengan cara melakukan verifikasi online.

Verifikator dipilih dari berbagai perguruan tinggi untuk melakukan pengecekan kebenaran prestasi telah diunggah tiap-tiap perguruan tinggi. Sehingga prestasi satu perguruan tinggi di verifikasi 2 perguruan tinggi lain.

"Prestasi kemahasiswaan ini merupakan satu muara dari konsistensi kerja keras tim kemahasiswaan dibantu para dosen pembimbing yang difasilitasi institusi untuk meningkatkan ketrampilan dan soft skill para mahasiswa lewat kegiatan minat dan bakat," jelas Zainal Arief, Direktur PENS saat dimintai keterangan Kompas.com terkait penghargaan ini.

Tim dosen pembimbing dan mahasiswa merespon dengan kerja keras di luar jam kuliah/jam kerja. Kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas mereka berbuah prestasi di beberapa bidang lomba, tambah Zainal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.