Kompas.com - 20/12/2018, 20:52 WIB
Kepala Bidang PSMK Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dodin Rusmin Nuryadin dalam acara pengukuhan Forum Komunikasi Kepala Sekolah Menengah Kejuaran Swasta (FKKSMKS) Dok. Disdik JabarKepala Bidang PSMK Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dodin Rusmin Nuryadin dalam acara pengukuhan Forum Komunikasi Kepala Sekolah Menengah Kejuaran Swasta (FKKSMKS)

KOMPAS.com - Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dodin Rusmin Nuryadin menegaskan tidak ada dikotomi sekolah negeri dan sekolah swasta.

Semua satuan pendidikan memiliki porsi sama yaitu meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Barat.

“Jiwa swasta merasa termarjinalkan, itu keliru. Dari anggaran tahun ini pun bantuan terhadap sekolah swasta meningkat. Tak ada dikotomi dan semua sekolah harus maju,” ucap Dodin dalam acara pengukuhan Forum Komunikasi Kepala Sekolah Menengah Kejuaran Swasta (FKKSMKS) di Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Bandung.

Dikutip dari laman Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dodin menjelaskan seluruh satuan pendidikan, khususnya SMK, harus memenuhi standar yang diterapkan guna membangun pendidikan yang lebih bermutu.

Baca juga: Mengubah DNA SMK Kita

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa diantara adalah melakukan link and match dengan pihak industri, menggali kompetensi sesuai dengan kebutuhan di daerah masing-masing, serta interaksi yang dilakukan pihak sekolah dengan dinas pendidikan.

“Kuncinya ada di kepala sekolah agar lebih membuka diri dan bersilaturahmi dengan kita, agar kita juga bisa tahu keadaan sekolah dan bagaimana cara kita membantu meningkatkan kualitas disana,” tutur Dodin.

Selain itu, Dodin juga mengimbau agar semua satuan pendidikan selalu bersinergi dengan semua pihak, baik dengan pemerintah, dinas pendidikan dan masyarakat. Serta selalu berusaha utuk berinovasi dan menemukan ide baru.

“Mari kita bangun SMK yang lebih unggul bersama-sama,” imbu Dodin.

Hal senada pun diucapkan Ketua FKKSMKS Jawa Barat, Iwan Sumitra. Iwan mengatakan peraturan pemerintah tentang sekolah swasta saat ini sama dengan sekolah negeri, salah satunya adalah dana bantuan pusat.

“Harapannya secara prestasi dan kompetensi siswa juga meningkat. Sekolah swasta harus percaya diri dan semoga selalu eksis untuk berpresati,” tutur Kepala Sekolah Tri Mitra Kabupaten Karawang tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.