Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaet Minat Generasi Milenial ke Sektor Pertanian lewat Aplikasi

Kompas.com - 27/12/2018, 20:09 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai negara agraris, pertanian di Indonesia masih menjadi sektor yang diharapkan memiliki potensi besar dalam memberikan kemakmuran rakyat.

Potensi sektor ini masih dapat dikelola secara maksimal. Apalagi generasi milenial, cenderung kurang melirik sektor pertanian.

Untuk membantu sektor pertanian Indonesia yang mulai ditinggalkan kalangan milenial, mahasiswa semester 7 Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Manajemen, Jowala Saga, memiliki sebuah gagasan inovasi prototype aplikasi pertanian modern yang diberi nama "VertxPlant".

Pertanian kurang diminati milenial

"Berdasarkan data BPS dari sekitar 62 juta pemuda Indonesia, hanya 14,3 juta (23%) yang terjun di sektor pertanian," ujar Jowala.

Ia menambahkan dengan kemampuan adaptasi dan teknologi yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi-generasi sebelumnya, generasi milenial cenderung memilih sektor industri yang jauh lebih pasti untuk mendapat penghasilan tetap serta jaminan masa depan dibandingkan sektor pertanian.

Baca juga: FISIP UI: Ini 4 Karakter Pemilih Milenial

 

"Banyak kaum milenial memiliki stereotipe bahwa pertanian tidak keren atau kekinian, hanya untuk orang desa, dan memiliki ketidakpastian yang tinggi karena berhubungan dengan alam. Pemikiran mereka tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya pula benar," lanjut Jowala.

Hal pasti yang kita tahu bahwa stereotipe itu muncul karena masyarakat kita sendiri lah yang menciptakannya, sehingga membuat kaum milenial semakin enggan mengembangkan pertanian Indonesia, ujarnya.

Pertanian berbasis smartphone

“VertixPlant adalah sebuah aplikasi pertanian terintegrasi yang menggabungkan teknik pertanian vertikultur hortikultura modern, media sosial, dan kemudahan perawatan tanaman dengan teknologi terkini berbasis smartphone, jelas Jowala mengenai aplikasi hasil inovasinya.

Jowala menerangkan, "VertixPlant saya buat berdasarkan Verticulture Plant, karena aplikasi ini nantinya akan berkolaborasi dengan penerapan pertanian vertikultur yang cocok di daerah perkotaan".

Ia menyampaikan dengan menggunakan "VertixPlant", generasi milenial akan dimudahkan dalam merawat tanaman dengan penggunaan teknologi media tanam bernutrisi dan teknologi pengontrol unsur tanah yang terhubung langsung dengan telepon pintar.

"Aplikasi ini akan memberikan tanda secara otomatis ketika unsur tanah mulai kekurangan nutrisi dan mencegah kematian pada tanaman," katanya.

Juara "Djarum Writing Competition"

Jowala Saga, mahasiswa IPB memenangkan Djarum National Writing Competition 2018 kategori iptek lewat aplikasi VertixPlant yang mendorong minat generasi milenial terhadap sektor pertanian. Dok. Pribadi Jowala Saga Jowala Saga, mahasiswa IPB memenangkan Djarum National Writing Competition 2018 kategori iptek lewat aplikasi VertixPlant yang mendorong minat generasi milenial terhadap sektor pertanian.

Jowala juga menjelaskan bahwa aplikasi ini nantinya akan memiliki 3 keunggulan yaitu, (1) aspek sosial yang akan terhubung dengan media sosial dan khusus untuk berdiskusi pertanian kekinian, (2) aspek produk merupakan fasilitas belanja untuk kebutuhan bertanam modern, serta (3) aspek layanan yang memberikan pelayanan perawatan pertanian bagi kaum milenial yang memiliki kesibukan.

Ide ini telah mengikuti kompetisi nasional "Djarum National Writing Competition" bulan September lalu dan menyabet Juara 1 kategori Iptek.

Langkah selanjutkan Jowala akan mengajukan paten terhadap gagasan aplikasi tersebut dan sedang berusaha menjalin kerja sama dalam pengembangan aplikasi ini.

Ia berharap pemerintah melalui Kementerian Pertanian dapat membantu realisasi aplikasi "VertixPlant" ini. "Dengan aplikasi ini, kaum milenial akan memiliki kesempatan menaruh minat di sektor pertanian diantara kesibukan mereka, meski sebagai hobi," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com