Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Kirim Relawan Bantu Korban Tsunami di Lampung Selatan

Kompas.com - 29/12/2018, 21:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai respons atas bencana tsunami yang melanda wilayah Banten dan Lampung, Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Care kembali terjun ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan.

Program ini juga telah dilakukan saat terjadi gempa di Lombok dan di Palu. Sulastama Raharja, perwakilan Kagama Care menyatakan saat ini tim assessment yang terdiri dari 5 relawan telah dikirim untuk melakukan pengecekan kondisi di daerah Lampung Selatan.

“Tim tersebut nantinya yang akan menyiapkan posko, program kerja, dan penyaluran logistik sesuai kondisi dan kebutuhan di lapangan,” terang pria yang akrab disapa Komo ini seperti dilansir dari berita UGM (27/12/2018)

Komo menyebutkan Kagama Care sudah melakukan penggalangan dana di lingkaran alumni UGM melalui media sosial. Nantinya, hasil terkumpul akan disalurkan Kagama Care dengan bantuan Kagama Lampung.

Baca juga: ITB Berikan Bantuan untuk Korban Tsunami Banten

Selain itu, Kagama Care kali ini menggandeng partner di luar UGM dalam memberi bantuan yakni Global Medical Canada dan Indopeduli Adelaide. Kerja sama ini untuk mewujudkan pengadaan bantuan berupa personel relawan dan peralatan.

Kagama Care juga bersinergi dengan Disaster Respon Unit (DERU) UGM untuk pengiriman relawan selanjutnya yang akan bekerja seperi di Lombok dan Palu terdahulu.

Komo menyatakan bantuan ini merupakan wujud solidaritas alumni UGM sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Dengan bantuan ini ia berharap dapat membantu korban bencana tsunami ini untuk bangkit kembali.

“Semoga masyarakat yang menjadi korban tetap tabah dan sabar dalam menghadapi musibah ini. Pemerintah dan relawan akan bekerja sebaik mungkin untuk membantu dan meringankan beban mereka. Jangan pernah berhenti berharap dan merasa sendirian,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com