Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Program Studi di Vokasi UI Raih Akreditasi A

Kompas.com - 09/01/2019, 10:49 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Akreditasi Program Studi maupun Universitas menjadi salah satu tolak ukur mutu institusi pendidikan. Terkait hal ini, program Pendidikan Vokasi UI menyampaikan telah berhasil meraih akreditasi A untuk 8 dari 11 program studi yang dimiliki Vokasi UI per Januari 2019.

“Program Studi yang telah terakreditas A adalah Akuntansi, Pariwisata, Komunikasi, Manajemen Informasi dan Dokumen, Perumasakitan, Administrasi Perpajakan, Adm. Keuangan dan Perbankan dan Adm. Asuransi dan Aktuaria.” ujar Priyanto, Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Program Pendidikan Vokasi UI.

Kurikulum 321

Program Pendidikan Vokasi UI merupakan salah satu program yang menyiapkan peserta didik menjadi tenaga ahli dan profesional melalui kurikulum 321 sebagaimana dicanangkan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Vokasi UI Terlibat di Tim Kerja Teater Bersama Reza Rahadian

 

Dengan kurikulum 321, mahasiswa belajar di kampus selama 3 semester, 2 semester praktik belajar di industri dan 1 semester diisi oleh magang.

Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bersama pada semester 4 dan 5 merupakan bentuk kerjasama nyata antara perguruan tinggi dengan industri yang menjadi keunggulan Vokasi UI.

Mitra industri

“Kita sudah memiliki mitra-mitra industri baik dari swasta maupun pemerintah. Salah satu program yang sedang dicanangkan adalah "Magang Bersertifikat" di perusahaan BUMN. Mahasiswa berkesempatan magang dan memperoleh sertifikat serta berkesempatan ikut dalam uji sertifikasi profesi," ujar Priyanto.

Selain itu, lanjutnya, sebelum lulus mahasiswa wajib mengikuti sertifikasi profesi baik yang diselenggarakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UI maupun Lembaga Sertifikasi Profesi lainnya (dalam dan luar negeri) yang telah bermitra dengan Vokasi UI. 

Priyanto mengatakan bahwa untuk dapat bergabung di Vokasi UI, calon mahasiswa dapat ikut seleksi mandiri UI melalui jalur Prestasi dan Pemerataan Kesembatan Belajar (PPKB) dan SIMAK UI.

Jalur PPKB dan Simak

“PPKB menggunakan nilai rapor dan catatan prestasi selama studi di SMA/SMK/Sederajat, sedangkan SIMAK UI berupa ujian tulis” tambah Priyanto.

Humas Program Pendidikan Vokasi UI, Mareta Maulidiyanti memberikan tips bagi calon mahasiswa agar memahami profesi-profesi apa saja yang potensial dimasa depan sebelum memilih jurusan/program studi.

“Banyak sekali profesi-profesi yang berkembang saat ini dan memiliki peluang yang baik di masa depan. Di Vokasi UI sendiri misalnya, ada Program studi okupasi terapi (OT) dan Fisioterapi yang cukup menjanjikan di dunia kerja karena saat ini sangat dibutuhkan rumah sakit namun jumlahnya terbatas,” tutup Mareta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com