Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Ini Syarat dan Tata Cara Pendaftaran SBMPTN 2019

Kompas.com - 16/01/2019, 15:34 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah mulai gencar menyosialisasikan seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2019.

Terdapat beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru PTN di tahun ini, salah satunya adalah jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SBMPTN merupakan seleksi penerimaan dengan sistem ujian tertulis. Sejak 2016, ujian tertulis dilaksakanan dengan berbasis komputer atau UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

Tahun ini, jalur SBMPTN menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Berdasarkan informasi yang ada, penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SBMPTN dilakukan dalam dua tahap, yakni mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Kenali Ujian Tulis Berbasis Komputer di SBMPTN 2019

Lalu, apa saja syaratnya? Berikut ulasan Kompas.com:

Syarat

Dalam informasi resmi di situs SBMPTN, terdapat delapan syarat yang harus dipenuhi peserta, yaitu

  1. Peserta adalah siswa SMA/MA/SMK atau sederajat lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah mempunyai ijazah.
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK atau sederajat lulusan tahun 2019, mempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan, ditandatangani oleh kepala sekolah dan diberi cap stempel yang sah.
  3. Peserta memiliki nilai UTBK.
  4. Peserta memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  5. Peserta memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Portofolio yang dimaksud dapat dilihat di situs resmi SBMPTN.
  7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  8. Peserta dinyatakan tidak lulus jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Pendaftaran

Setelah delapan syarat di atas terpenuhi, peserta diperbolehkan untuk mendaftarkan diri. Berikut tata caranya:

  1. Pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  2. Peserta mengisi biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).
  3. Peserta memilih PTN dan program studi. Peserta dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  4. Bagi peserta yang mendaftar di program studi bidang seni dan olahraga, diwajibkan untuk mengunggah portofolio. Adapun jenisnya terbagi menjadi sembilan, yaitu portofolio olahraga, tari, teater, musik, seni karawitan, etnomusikologi, fotografi, film dan televisi, serta seni rupa, desain, dan kriya.

Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan

Program studi yang ada di PTN terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok saintek dan kelompok soshum.

Peserta dapat memilih program studi sesuai keinginan, dengan jumlah maksimal atau paling banyak dua program studi, dengan ketentuan seperti berikut:

  • Apabila program studi yang dipilih adalah kelompok saintek, peserta mengikuti kelompok ujian saintek.
  • Apabila program studi yang dipilih adalah kelompok soshum, peserta mengikuti kelompok ujian soshum.
  • Apabila program studi yang dipilih adalah kelompok saintek dan soshum, peserta mengikuti kelompok ujian saintek dan kelompok ujian soshum.

Peserta diharapkan teliti saat memasukkan urutan dalam pemilihan program studi, karena urutan yang ada menyatakan prioritas pilihan.

Sebagai tambahan informasi, UTBK kali ini juga dapat diikuti oleh siswa lulusan paket C tahun 2017-2019. Pendaftaran SBMPTN dibuka pada 10-24 Juni 2019. 

Pengelolaan dan pengolahan data calon mahasiswa dilakukan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Terkait dengan jumlah kuota yang disediakan untuk jalur SBMPTN ini, dalam situs resmi LTMPT menyebutkan, kuota setiap program studi untuk calon mahasiswa dari jalur SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40 persen dari daya tampung program studi yang bersangkutan.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi juga memberikan informasi mengenai SBMPTN ini melalui akun resmi Instagramnya, @ristekdikti.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hai #SobatRistekdikti, khususnya calon mahasiswa. Simak yuk berikut ini tentang informasi umum tentang SBMPTN 2019. Yang perlu Sobat tahu, penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan mendaftar SBMPTN. Berikut ini informasi umum mengenai persyaratan peserta, tahapan pendaftaran, kelompok Program Studi (Prodi) dan jumlah pilihan, serta bagi pelamar Bidikmisi dan ADik, selengkapnya bisa lihat infografis berikut ini ya, Sobat. (Geser ke kiri) Bagi #SobatRistekdikti yang ingin mengetahui informasi secara lebih lengkap, dapat mengakses laman resmi LTMPT di: ???? http://www.ltmpt.ac.id Yuk, siapkan diri kamu dengan memperbanyak belajar dan semoga bisa masuk ke perguruan tinggi impian Sobat! #Kemenristekdikti #Ristekdikti #KabarRistekdikti #Pendidikan #SBMPTN2019 #SBMPTN #Mahasiswa #Siswa #MasukPTN #LTMPT #Indonesia #KerjaBerdampak

A post shared by Kemenristekdikti (@ristekdikti) on Jan 14, 2019 at 8:08pm PST

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com