Kompas.com - 17/01/2019, 14:56 WIB

KOMPAS.com - Tanggap bencana tsunami di Selat Sunda, Pusat Studi Bencana, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor (LPPM IPB) bekerja sama Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK), Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB) menyiapkan Tim Trauma Healing.

Persiapan tim diawali dengan memberikan pembekalan lewat pelatihan yang akan berangkat ke lapangan. Dilansir dari laman resmi IPB (17/1/2019) sebagai tahap awal Departemen IKK FEMA IPB mempersiapkan 10 relawan.

Para relawan trauma healing terdiri dari alumni maupun mahasiswa dari program Sarjana IKK dan S2 Ilmu Keluarga.

Baca juga: Dosen IPB Asal Banyuwangi Ini Ciptakan Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi

 

Pembekalan Tim Relawan dilakukan selama 2 hari dari tanggal 9–10 Januari 2019. Materi diberikan mencakup pengenalan tentang psikologi trauma dan cara penanganan, Rapid Assesment untuk Trauma Bencana, Teknik Konseling dan Praktik, dan Teknik Trauma Healing.

Pembekalan disampaikan narasumber yang juga dosen Departemen IKK, Melly Latifah, Dwi Hastuti, dan Diah Krisnatuti.

Selain itu relawan juga dibekali Praktik Trauma Healing anak-anak dengan bermain, bernyanyi, dongeng, menggambar dan bercerita dari Tim Labschool Pendidikan Karakter IPB ISFA.

Melalui pembekalan ini diharapkan relawan mempunyai pengetahuan cukup dan sikap positif saat diterjunkan di lokasi bencana.

Kepala Pusat Studi Bencana LPPM IPB, Yonvitner menjelaskan program trauma healing menjadi salah satu program yang perlu dilakukan di kawasan bencana. Kegiatan ini juga didukung Caritas-Germany selama fase tanggap darurat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.