Kompas.com - 20/01/2019, 10:36 WIB
Nuffic Neso Indonesia kembali menggelar Holland Scholarship Day (HSD) 2019, di Erasmus Huis, Kedutaan Besar Belanda, Jakarta (19/1/2018). Dok. Kompas.comNuffic Neso Indonesia kembali menggelar Holland Scholarship Day (HSD) 2019, di Erasmus Huis, Kedutaan Besar Belanda, Jakarta (19/1/2018).

 

KOMPAS.com - Nuffic Neso Indonesia kembali menggelar "Holland Scholarship Day (HSD) 2019", di Erasmus Huis, Kedutaan Besar Belanda, Jakarta (19/1/2018).

Acara yang menyediakan informasi dan konsultasi langsung tentang berbagai opsi beasiswa studi ke Belanda itu menyedot perhatian lebih dari 1.000 pengunjung dan menghadirkan lebih dari 22 institusi pendidikan baik universitas maupun lembaga beasiswa

Berikut beberapa lembaga pendidikan yang memberikan beasiswa pendidikan Belanda baik dari dalam mapun luar negeri:

Beasiswa dari luar negeri

1. Program StuNed

StuNed atau Studeren in Nederland adalah program beasiswa berbasis unggulan Pemerintah Belanda bertujuan meningkatkan sumber daya manusia Indonesia sehingga memiliki daya saing di tingkat regional dan global.

Beasiswa penuh ini merupakan kerjasama bilateral pemerintah Indonesia dan Belanda dengan prioritas bidang: (1) Keamanan dan Penegakan Hukum, (2) Angro Pangan dan Hortikultura, (3) Transporatasi, Logistik, Infrastruktur, dan (4) Perdagangan Internasional, Keuangan dan Ekonomi.

Baca juga: Nah Ini Dia, 8 Zona Nyaman Pendidikan Belanda bagi Pelajar Indonesia

Beasiswa StuNed diberikan dalam beragam program di antaranya: Master (1-2 tahun), Short Course (2-12 minggu) dan Tailor Made Training (2-3 minggu).

Beberapa persyaratan untuk memperoleh beasiswa ini di antaranya; (1) Warga Negara Indonesia, (2) Telah mendapat unconditional admission letter dari salah satu pendidikan tinggi Belanda, (3) Minimal S1 atau D4 dengan IPK minimal 3.00, (4) Kemampuan bahasa Inggris minimal TOEFL IBT 80.

Informasi lengkap dapat dilihat melalui tautan: www.stuned.info

2. Orange Tulip Scholarship (OTS)

OTS adalah program beasiswa yang didanai oleh pendidikan tinggi Belanda. Beasiswa OTS tersedia untuk beberapa program: Bachelor, Master dan Foundation. Beasiswa ini menawarkan umumnya potongan biaya studi (sebagian atau keseluruhan) atau subsidi biaya hidup.

Institusi pendidikan tinggi Belanda yang terlibat dalam program ini berbeda setiap tahun, demikian pula dengan pilihan program studi yang ditawarkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X