Kompas.com - 25/01/2019, 12:31 WIB
Ilustrasi travelling sendirian vikialisIlustrasi travelling sendirian

KOMPAS.com - Kabar gembira bagi milenial pecinta travelling atau hobi EO, kamu bisa menjalankan minat kamu ini sebagai karir menjanjikan di masa depan dengan menekuni secara akademis.

Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) membuka peminatan 'kekinian' yakni Usaha Perjalanan Wisata dan MICE (Meetings, incentives, conferences and exhibitions) pada program studi Pariwisata.

Program Studi ini terbuka bagi siswa/i SMA/SMK atau sederajat dengan jalur masuk melalui Jalur PPKB UI (jalur penerimaan berdasarkan prestasi akademis di sekolahnya) dan SIMAK UI yang akan dibuka pendaftarannya pada 4 Februari 2019.

Kerjasama dengan asosiasi

Ketua Program Studi Pariwisata Vokasi UI Budiman Mahmud Musthofa menuturkan, “Kami fokuskan lulusan kami ke bidang Bisnis Travel dan MICE karena memang kemajuan di bidang tersebut sangat pesat. Kunjungan wisata ke Indonesia bahkan diprediksi menembus angka 20 juta sampai 2019.”

Baca juga: Ini Materi yang Diuji bila Kamu Tertarik Masuk UI

Budiman menambahkan untuk menunjang pembelajaran Vokasi Pariwisata bekerja sama dengan  Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia yang dikenal dengan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI), Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) dan berbagai asosiasi lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dengan adanya kerja sama ini, mahasiswa dapat magang di perusahaan naungan asosiasi-asosiasi tersebut serta Program Studi juga memperoleh masukan secara berkala tentang kebutuhan di industri pariwisata sehingga dapat diadaptasi dalam kurikulum," ujar Budiman.

5 kompetensi utama

Program Studi Pariwisata Vokasi UI memiliki keunggulan menghasilkan Ahli Madya Pariwisata yang dapat bersaing secara global dan memiliki kompetensi ahli, profesional dan siap diserap dunia kerja.

Kurikulum di Vokasi UI menekankan pada praktik sebanyak 70 persen dan teori sebanyak 30 persen.

Selain itu, tenaga pengajar di Prodi Pariwisata Vokasi UI merupakan para tenaga ahli berpengalaman serta dosen UI lintas ilmu sesuai dengan kebutuhan mata ajar.

Lulusan program Pendidikan Vokasi Pariwisata akan memiliki kompetensi-kompetensi utama di bidang pariwisata yaitu:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.