Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2019, 12:31 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kabar gembira bagi milenial pecinta travelling atau hobi EO, kamu bisa menjalankan minat kamu ini sebagai karir menjanjikan di masa depan dengan menekuni secara akademis.

Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) membuka peminatan 'kekinian' yakni Usaha Perjalanan Wisata dan MICE (Meetings, incentives, conferences and exhibitions) pada program studi Pariwisata.

Program Studi ini terbuka bagi siswa/i SMA/SMK atau sederajat dengan jalur masuk melalui Jalur PPKB UI (jalur penerimaan berdasarkan prestasi akademis di sekolahnya) dan SIMAK UI yang akan dibuka pendaftarannya pada 4 Februari 2019.

Kerjasama dengan asosiasi

Ketua Program Studi Pariwisata Vokasi UI Budiman Mahmud Musthofa menuturkan, “Kami fokuskan lulusan kami ke bidang Bisnis Travel dan MICE karena memang kemajuan di bidang tersebut sangat pesat. Kunjungan wisata ke Indonesia bahkan diprediksi menembus angka 20 juta sampai 2019.”

Baca juga: Ini Materi yang Diuji bila Kamu Tertarik Masuk UI

Budiman menambahkan untuk menunjang pembelajaran Vokasi Pariwisata bekerja sama dengan  Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia yang dikenal dengan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI), Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) dan berbagai asosiasi lainnya.

“Dengan adanya kerja sama ini, mahasiswa dapat magang di perusahaan naungan asosiasi-asosiasi tersebut serta Program Studi juga memperoleh masukan secara berkala tentang kebutuhan di industri pariwisata sehingga dapat diadaptasi dalam kurikulum," ujar Budiman.

5 kompetensi utama

Program Studi Pariwisata Vokasi UI memiliki keunggulan menghasilkan Ahli Madya Pariwisata yang dapat bersaing secara global dan memiliki kompetensi ahli, profesional dan siap diserap dunia kerja.

Kurikulum di Vokasi UI menekankan pada praktik sebanyak 70 persen dan teori sebanyak 30 persen.

Selain itu, tenaga pengajar di Prodi Pariwisata Vokasi UI merupakan para tenaga ahli berpengalaman serta dosen UI lintas ilmu sesuai dengan kebutuhan mata ajar.

Lulusan program Pendidikan Vokasi Pariwisata akan memiliki kompetensi-kompetensi utama di bidang pariwisata yaitu:

  • Pengelolaan usaha jasa perjalanan wisata.
  • Penerapan konsep manajemen dalam kegiatan usaha pariwisata.
  • Penerapan konsep excellent service. 
  • Kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing dalam kegiatan usaha perjalanan wisata
  • Penerapan konsep sosial budaya dan ekologi, etika profesi pariwisata dalam pekerjaannya  serta kemampuan teknologi informasi dalam kepariwisataan.

Sertifikat kompetensi

Setelah mengikuti seluruh proses pembelajaran selama 6 semester, lulusan akan memperoleh minimal 1 sertifikat kompetensi  dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Universitas Indonesia yang berlaku secara nasional maupun internasional di samping ijazah Diploma Tiga Periwisata dengan gelar Ahli Madya Pariwisata (Amd.Par).

Program Vokasi adalah program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.

UI tetap menjalankan Program Diploma III dengan menyediakan pendidikan tinggi jalur profesional secara berdampingan dengan pendidikan tinggi pada jalur sarjana hingga pascasarjana.

Informasi lebih lengkap dapat merujuk pada tautan www.penerimaan.ui.ac.id

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com