Kompas.com - 28/01/2019, 21:42 WIB

KOMPAS.com - Novel "Gentayangan: Pilih Sendiri Petualangan Sepatu Merahmu" karya Intan Paramaditha meraih penghargaan PEN Translates Award dari English PEN dan PEN/Heim Translation Fund Grant dari PEN America.

Kedua penghargaan ini bertujuan untuk mendukung proses penerjemahan "Gentayangan" ke dalam bahasa Inggris dengan judul The Wandering. PEN/Heim Translation Fund Grant diberikan kepada penerjemah novel tersebut, Stephen J. Epstein yang juga menerjemahkan kumpulan cerpen Apple and Knife.

"Gentayangan", novel bertema perjalanan dan ketercerabutan di dunia global memungkinkan pembaca memilih sendiri jalan ceritanya. Buku ini diterbitkan pertama kali tahun 2017 oleh Gramedia Pustaka Utama dan terpilih sebagai "Buku Sastra Prosa Terbaik" Majalah Tempo.

Gentayangan nantinya akan diterbitkan penerbit Harvill Secker/Penguin Random House di Inggris tahun depan.

Baca juga: 600 Pelajar Berkompetisi Jadi Ilmuwan Muda dalam Gramedia Science Olympic 2019

Apple and Knife diterbitkan Harvill Secker di Inggris (Desember 2018) setelah sebelumnya diterbitkan Brow Books di Australia.

Terjemahan karya Intan Paramaditha yang terbit dalam bahasa Inggris sebelumnya adalah Apple and Knife, kumpulan cerpen yang mengolah dongeng dan horor dengan perspektif feminis.

Diterbitkan pertama kali di Australia oleh Brow Books (2018), buku ini baru terbit di Inggris lewat penerbit Harvill Secker bulan Desember 2018 lalu.

Apple and Knife mendapat perhatian media internasional, festival sastra seperti Hong Kong International Literary Festival, Singapore Writers Festival, dan baru-baru ini masuk ke dalam daftar "The White Review Books of the Year 2018" dan "2018 Bram Stoker Awards Preliminary Ballot".

Intan Paramaditha terpilih sebagai salah satu dari 12 penulis yang akan tampil di London Book Fair pada bulan Maret 2019 mendatang.

Di London, ia akan tampil di beberapa acara LBF, termasuk English PEN Literary Salon dan Essex Book Festival.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.