Aplikasi "Aku Pintar", Cara Kekinian Milenial Pilih Jurusan

Kompas.com - 07/02/2019, 15:39 WIB
Peluncuran aplikasi Aku Pintar oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud di Gedung Kemendikbud, Jakarta (7/2/2019). Dok. KemendikbudPeluncuran aplikasi Aku Pintar oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud di Gedung Kemendikbud, Jakarta (7/2/2019).

KOMPAS.com - Mengejutkan, ternyata masih banyak siswa Indonesia masih salah dalam memilih jurusan dan bahkan profesi pekerjaan. 

Hasil penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN) tahun 2017 menunjukan sebanyak 87 persen mahasiswa Indonesia mengakui  jurusan yang diambil tidak sesuai dengan minatnya dan 71,7 persen pekerja memiliki profesi tidak sesuai dengan pendidikannya.

Siswa yang salah memilih jurusan kuliah akan berdampak pada ketidakmaksimalan dalam pekerjaan atau profesi yang akan digeluti sehingga yang bersangkutan tidak dapat berprestasi dan kemampuan maupun ketrampilan yang dimiliki tidak berkembang dengan baik," jelas Yohana Elizabeth Hardjadinata pada acara peluncuran aplikasi "Aku Pintar" di kantor Kemendikbud, Jakarta (7/2/2019).

Yohana menambahkan, "Sebaliknya jika seseorang bekerja pada bidang diminati atau disukai, pastinya akan lebih mencintai dan bahagia dalam menjalankan pekerjaannya. Dampak selanjutnya, yang bersangkutan akan bekerja lebih giat dan punya rasa tanggung jawab tinggi."

Kenali minat bakat lewat aplikasi

Karenanya, penting bagi siswa SMP dan SMA mengetahui minat dan bakat sehingga kelak akan berguna dalam menentukan atau memilih jurusan maupun jenjang pendidikan selanjutnya. Sayangnya, pelaksaaan tes minat dan bakat harus ke psikolog dan berbiaya mahal.

Baca juga: Fenomena Pekerja Freelance Tak Sesuai Jurusan Kuliah Sudah Lama Marak

Inilah kemudian yang mendorong lahirnya inovasi "Aku Pintar" dimana siswa dengan cara sederhana dapat menentukan minat dan bakat.

Keunggulan utama aplikasi "Aku Pintar" ini adalah memberikan tes minat dan bakat secara gratis dan dikemas dengan tampilan interaktif serta akses mudah dan menyenangkan.

Hasil tes penelusuran minat dan bakat dapat menjadi acuan bagi siswa, misalnya siswa SMP akan memilih sekolah kejuruan (SMK) yang tepat, karena saat ini untuk sekolah kejuruan terdapat 144 pilihan.

Selain itu juga, akan membantu siswa SMA dalam memilih jurusan yang diminati, baik IPA, IPS atau Bahasa. Demikian pula, ketika lulus, siswa  dapat memilih jurusan atau program studi saat akan melanjutkan pendidikan di jenjang Perguruan Tinggi.

Fitur soal ujian dan mencari kampus

Aplikasi "Aku Pintar" juga menyediakan materi pelajaran dan soal-soal latihan untuk kelas
7 hingga kelas 12 berikut penjurusannya secara daring sehingga siswa dapat mengerjakan soal latihan hanya berbekal telepon pintar dan akses internet.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X