Kompas.com - 07/02/2019, 15:53 WIB
Penerimaan mahasiswa baru politeknik negeri jalur PMDK Situs PMDK PNPenerimaan mahasiswa baru politeknik negeri jalur PMDK
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Penerimaan mahasiswa baru politeknik negeri (PN) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) telah dilaksanakan. Jalur penerimaan PMDK-PN ini diikuti oleh 42 politeknik negeri se-Indonesia.

Saat ini, tengah berlangsung proses pengisian data oleh sekolah dan siswa. Proses tersebut berlangsung hingga 6 April 2019.

Dilansir dari situs PMDK Politeknik, sekolah akan mendapatkan undangan PMDK-Politeknik Negeri (PN) berupa username dan password untuk dapat login ke laman pengisian data, pmdk.politeknik.or.id/sekolah/login.

Tampilan menu login pada situs PMDK-PNSitus PMDK-PN Tampilan menu login pada situs PMDK-PN
Sementara, untuk sekolah yang tidak menerima undangan dapat mendaftarkan ke laman pmdk.politeknik.or.id/sekolah/registrasi dengan memasukkan data Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan melengkapi berkas yang ada.

Login

Setelah sekolah berhasil login, maka diwajibkan melengkapi beberapa data seperti biodata sekolah, data jurusan, dan rekomendasi siswa yang akan diikutkan ke dalam sistem PMDK-PN.

Apabila berhasil diproses, maka username dan password siswa otomatis di-generate oleh sistem. Dengan demikian, sekolah dapat langsung mencetak dan mendistribusikan username serta password ke masing-masing siswa untuk melakukan pendaftaran.

Baca juga: Pendaftaran Politeknik Negeri 2019 Sudah Dimulai Bersamaan SNMPTN

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal yang perlu diingat, siswa yang tidak melakukan login selama tujuh hari, maka username dan password akan hangus. Jika ini terjadi, sekolah harus merekomendasikan ulang siswa tersebut.

Setelah login ke laman siswa, selanjutnya siswa dapat mengisi formulir pendaftaran, seperti biodata siswa, data rapor, enam prestasi akademik atau kurikuler terbaik, data keluarga, data ekonomi, pilihan jurusan politeknik, mengisi kode akses pendaftaran (KAP) dan PIN bidik misi, serta siswa melakukan finalisasi.

Dalam hal pemilihan jurusan politeknik, siswa diperbolehkan memilih dua politeknik dan tiga program studi dengan penempatan bebas.

Berkas

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, siswa dapat mencetak formulir pendaftaran dan menyiapkan berkas yang akan dikirimkan ke alamat politeknik pilihan pertamanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.