Kompas.com - 13/02/2019, 21:22 WIB
Universitas Diponegoro melakukan sosialisasi SNMPTN kepada 200 kepala sekolah Wilayah Cabang Dinas Pendidikan XI dan XII, Kamis (17/1/2019). Dok. UndipUniversitas Diponegoro melakukan sosialisasi SNMPTN kepada 200 kepala sekolah Wilayah Cabang Dinas Pendidikan XI dan XII, Kamis (17/1/2019).

KOMPAS.com - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Ravik Karsidi menyampaikan pengumuman perpanjangan masa pendaftaran dan finalisasi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2019.

"Memperhatikan belum semua siswa sekolah yang eligible sebagai peserta SNMPTN 2019 melakukan pendaftaran dan finalisasi maka untuk memberikan kesempatan kepada seluruh siswa yang eligible, pendaftaran SNMPTN yang semula berakhir pada hari Kamis, 14 Februari 2019 pukul 22.00 WIB, diperpanjang sampai dengan Sabtu, 16 Februari 2019 pukul 22.00 WIB," demikian disampaikan Prof. Ravik dalam surat pengumuman yang diterima Kompas.com (13/2/2019) malam ini.

Ketua Pelaksana LTMPT ketika dihubungi Kompas.com menyampaikan, "Jumlah siswa yang telah melakukan pendaftaran sebanyak 370.878 siswa. Sedangkan siswa yang sudah login tapi belum melakukan pendaftaran sebanyak 175.003."

Baca juga: Antisipasi Perpanjangan SNMPTN 2019, LTMPT Tambah 10 Server

Prof. Budi menambahkan dari data tersebut, siswa yang sudah mengisi biodata tetapi belum melakukan finalisasi sebanyak 83.099.

Selain itu Prof. Budi juga memberikan beberapa pesan kepada para siswa eligible yang akan melakukan pendaftaran dan finalisasi SNMPTN 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Siswa yang belum mendaftar bisa menyelesaikan dengan baik, malam ini kita tambah server 10 dan bandwith kita naikkan," jelas Prof. Budi.

Untuk siswa yang telah melakukan pendaftaran, Ketua Pelaksana LTMPT ini mengingatkan untuk segera menyelesaikan finalisasi dengan mencetak kartu pendaftaran.

"Siswa yang sudah login tapi belum mengisi data segera menyelesaikan. Tolong manfaatkan waktu sore hari sampai pagi." ujar Prof. Budi mengingatkan.

Hal senada juga disampaikan Ketua LTMPT Prof. Ravik Karsidi. Ia juga mengingatkan agar kesempatan perpanjangan waktu yang diberikan ini dapat digunakan sebaik-baiknya. "Tidak akan ada perpanjangan lagi," tegas Prof. Ravik menambahkan.

Sebelumnya, Panitia LTMPT telah menyampaikan hasil pemeringkatan dan eligibilitas siswa untuk mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2019 pada 4 Februari 2019 yang lalu.

Jumlah siswa yang eligibel untuk mendaftar di SNMPTN tahun ini sebanyak 613.860 siswa dan jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah," ujar Prof. Ravik Karsidi Ketua LTMPT kepada Kompas.com melalui pesan singkat.

"Pemeringkatan dan eligibilitas siswa dilakukan untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftarkan di PDSS 2019 dan didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa, untuk mata pelajaran tercantum di laman www. snmptn.ac.id," jelas Prof. Ravik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.