Kompas.com - 14/02/2019, 13:43 WIB
PT. Kawan Lama Sejahtera (Kawan Lama) menggelar penyisihan regional Kompetisi Metrologi Kawan Lama Tingkat Pelajar SMK Nasional 2019 pada 12 Februari 2019 lalu. Dok. Kawan LamaPT. Kawan Lama Sejahtera (Kawan Lama) menggelar penyisihan regional Kompetisi Metrologi Kawan Lama Tingkat Pelajar SMK Nasional 2019 pada 12 Februari 2019 lalu.

KOMPAS.com - PT Kawan Lama Sejahtera (Kawan Lama) menggelar penyisihan regional "Kompetisi Metrologi Kawan Lama Tingkat Pelajar SMK Nasional 2019" pada 12 Februari 2019 lalu.

Acara diikuti lebih dari 400 siswa SMK dan digelar serentak di 5 kota terbagi atas beberapa zona meliputi:

  • Zona I (Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi) digelar di Kawan Lama Medan.
  • Zona II (Lampung, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung) digelar di Kawan Lama Jakarta.
  • Zona III (Jawa Barat) digelar di Kawan Lama Cikarang.
  • Zona IV (Jawa Tengah) digelar di Akademi Teknologi Warga (ATW) Surakarta.
  • Zona V (Jawa Timur) digelar di Kawan Lama Surabaya.

"Siswa SMK, khususnya Teknik Mesin dan Otomotif perlu memiliki kemampuan dasar dan kemampuan metrologi (kemampuan ukur, kalibrasi dan akurasi) agar siap menghadapi dunia industri di masa mendatang. Pasalnya, metrologi merupakan ilmu dasar yang ini sangat dibutuhkan," ujar Komisaris Kawan Lama Tony Sartono.

Baca juga: Puluhan SMK Jakarta Utara Pamerkan Produk Hasil Karya Mereka di Kantor Pemkot

Ia menambahkan penguasaan materi yang telah dimiliki siswa harus pula diikuti dengan kompetensi penguasaan teknik dan alat untuk mengurangi kesenjangan antara kemampuan siswa dan kebutuhan dunia industri.

Kemampuan dan kompetensi dasar  

Hal senada disampaikan Yuliati Nurhayati perwakilan dari Direktorat Pembinaan SMK (PSMK) dalam sambutan acara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kemampuan menggunakan peralatan dasar menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa agar memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan industri. Kemendikbud sangat mendukung apa yang dilakukan Kawan Lama ini dalam kerangka link and match antara SMK dan dunia industri," ujar Yuliati.

Untuk itu, pihak Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mendorong agar kompetisi Metrologi Kawan Lama ini dapat bagian dalam LKS (Lomba Kompetisi Siswa) Nasional 2019 mendatang.

Yuliati menambahkan, ada beberapa program dapat dilaksanakan dalam mewujudkan link and match antara SMK dan dunia industri selain melalui ajang lomba ini.

Kerjasama itu di antaranya: (1) bantuan dunia industri dalam berbagai masukan kurikulum SMK agar sesuai dengan kebutuhan industri, (2) bantuan tenaga pengajar dari industri berbagi pengetahuan, (3) program magang dan sertifikasi, (4) penyerapan tenaga kerja lulusan SMK di industri.

Dukung program revitalisasi SMK

PT. Kawan Lama Sejahtera (Kawan Lama) menggelar penyisihan regional Kompetisi Metrologi Kawan Lama Tingkat Pelajar SMK Nasional 2019 pada 12 Februari 2019 lalu.Dok. Kawan Lama PT. Kawan Lama Sejahtera (Kawan Lama) menggelar penyisihan regional Kompetisi Metrologi Kawan Lama Tingkat Pelajar SMK Nasional 2019 pada 12 Februari 2019 lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.