Deklarasi Zona Integritas, Wilayah dan Birokrasi UI Bebas Korupsi

Kompas.com - 19/02/2019, 23:38 WIB
Zona integritas sendiri merupakan predikat yang disematkan kepada suatu instansi yang berkomitmen mewujudkan wilayah bebas korupsi Dok. UI Zona integritas sendiri merupakan predikat yang disematkan kepada suatu instansi yang berkomitmen mewujudkan wilayah bebas korupsi

KOMPAS.com - Universitas Indonesia ( UI) mengadakan deklarasi zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani di Gedung Perpustakaan Baru UI, Depok, Jawa Barat (16/2/2019).

Deklarasi ini dihadiri para pimpinan UI, Muhammad Yusuf Ateh (Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenpanRB), serta Kombes Pol. Dadang Hartanto (Kapolrestasbes Medan).

“UI menyambut baik pelaksanaan zona integritas ini demi terwujudnya wilayah bebas korupsi dan birokrasi bersih melayani,” ujar Rektor UI Muhammad Anis seperti dilansir dari laman resmi UI.

Tekat dan komitmen melayani

Zona integritas sendiri merupakan predikat yang disematkan kepada suatu instansi yang berkomitmen mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Baca juga: Magister Manajemen UI Raih Akreditasi International dari AMBA

Keberhasilan pembangunan zona integritas ini ditentukan dari kapasitas tiap pegawai untuk melayani masyarakat sebaik mungkin. Muhammad Yusuf menjelaskan untuk mencapai tujuan tersebut, harus ada tekad dan komitmen dari pimpinan unit.

“Untuk membangun pelayanan yang lebih baik, ada strategi khusus. Salah satunya tekad dan komitmen. Bila tidak ada tekad dan komitmen dari pimpinan, maka semua akan berakhir,” ujar Muhammad Yusuf.

Dalam upaya peningkatan tata kelola, seluruh aparatur diharapkan mampu berkomitmen untuk membantu masyarakat dan membangun integritas kerja yang lebih baik. “Baik itu dari segi kemudahan pelayanan, kita harus menyediakan fasilitas yang lebih baik dengan semangat hospitality untuk kepuasan publik,” tambahnya.

Reformasi birokrasi pelayanan publik

Dadang Hartanto menilai bahwa perlu dilakukan reformasi birokrasi agar pelayanan dapat dilakukan secara optimal. “Komitmen, perbaikan pelayanan yang ramah masyarakat, monitoring dan evaluasi kegiatan secara terus menerus harus dilakukan.

Ini terlihat gampang tapi kenyataannya tidaklah mudah. Merubah hal yang awalnya nyaman itu sulit, namun jika kita berkomitmen untuk memberikan inovasi pelayanan publik maka semua akan mudah,”  tuturnya.

Dadang berharap seluruh aparatur dapat berkomitmen untuk membangun zona integritas sehingga UI dapat menjadi instansi yang bebas dari korupsi dan dapat memberikan pelayanan publik yang prima.

Setelah pemaparan dari Dadang, acara dilanjutkan dengan penandatangan deklarasi zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan birokrasi bersih melayani yang diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan UI.



Close Ads X