Magister Manajemen UI Raih Akreditasi International dari AMBA

Kompas.com - 19/02/2019, 18:27 WIB
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Situs UIFakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Program Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia mendapat akreditasi internasional oleh Association of MBA's Accredited (AMBA).

Akreditasi ini disampaikan Director of Accreditation Association of AMBA, Katherine O'Flynn, melalui surat elektronik atau email pada 14 Februari 2019 lalu.

Sekretaris Program Studi MM FEB UI, Yeshika Alversia menuturkan bahwa proses penilaian hingga mendapatkan akreditasi dari AMBA membutuhkan waktu hampir tiga tahun.

"Jadi kami pertama kali mengajukan dari awal 2016," ujar Yeshika saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/2/2019) sore.

Yeshika menjelaskan, pihaknya juga harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan tim asesor.

"Tahap berikutnya tahun 2017, kami diminta untuk membuat laporan berikutnya. Setelah itu, mereka menerima dokumen yang sudah lengkap. Mereka datang ke MM melihat secara real dan mewawancarai pengajar, pimpinan, mahasiswa," ujar dia.

Baca juga: Wisuda 3.950 Lulusan di Dies Natalis UI ke-69

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa poin penting yang dinilai yaitu kontribusi MM FEB UI secara global, banyaknya alumni menempati posisi penting di masyarakat, jaringan alumni cukup baik, keaktifan fakultas dalam beberapa jaringan internasional, serta proses seleksi yang terselenggara secara ketat untuk mendapatkan mahasiswa dengan kualitas baik.

Menurut Yeshika, akreditasi ini akan memberikan pengaruh ke depannya, khususnya terhadap kualitas program studi yang telah terakui secara dunia. Hal ini juga mendorong pihak terkait untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas yang diberikan kepada mahasiswa.

Sebagai tambahan informasi, AMBA merupakan organisasi berfokus pada akreditasi dan keanggotaan sekolah bisnis dan manajemen di dunia. Organisasi ini dibentuk di Inggris pada 1967.

AMBA hanya melakukan akreditasi kepada sekitar dua persen dari sekolah bisnis di dunia.

Baca juga: UI Miliki Prodi Okupasi Terapi



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X