Kompas.com - 20/02/2019, 20:12 WIB
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir (kedua kanan) meninjau laboratorium teknik reaksi kimia saat kunjungan kerja di ITB, Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/10). Dalam kunjungan kerja tersebut, Mohamad Nasir meresmikan Industri Katalis Pendidikan pada Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik Industri ITB terkait dengan program penguatan inovasi yang diperoleh TRK ITB sejak tahun 2017. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/ama/18 RAISAN AL FARISIMenteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir (kedua kanan) meninjau laboratorium teknik reaksi kimia saat kunjungan kerja di ITB, Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/10). Dalam kunjungan kerja tersebut, Mohamad Nasir meresmikan Industri Katalis Pendidikan pada Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik Industri ITB terkait dengan program penguatan inovasi yang diperoleh TRK ITB sejak tahun 2017. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/ama/18

KOMPAS.com - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai bagian dari pemerintah perlu mendukung produk hasil inovasi dalam negeri.

Salah satunya untuk menyediakan kebijakan yang ramah terhadap inovasi dalam negeri dan memfokuskan produk hasil inovasi tersebut dalam lelang atau procurement. Demikian ungkap Direktur Jenderal Penguatan Inovasi (Dirjen PI) Kemenristekdikti Jumain Appe.

“Adapun saran untuk merevitalisasi lembaga litbang perhubungan adalah dukungan kebijakan, sarana prasarana litbang terkait, yang pertama isu strategis inovasi bidang transportasi, pengembangan R&D transportasi untuk industri komponen kereta api, kendaraan listrik, dan kapal,” ungkap Jumain saat mewakili Menristekdikti dalam Rapat Koordinasi Teknis Lembaga Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Rakornis Lemlitbanghub), Kementerian Perhubungan (19/2/2019) di Jakarta.

Baca juga: Presiden Dorong Anak Muda yang Miliki Inovasi dan Kreativitas

Dalam kesempatan sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang diwakili  Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono mengungkapkan perkembang teknologi transportasi sudah tidak bisa diprediksi secara linear, sehingga perlu ada banyak kolaborasi dan sinergi berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

“Saat ini perkembangan dunia transportasi sudah unpredictable, perkembangan dunia teknologi informasi menjadi hal yang tak terbantahkan dan tidak bisa dihindari. Pemodelan transportasi tidak lagi dapat diprediksi secara linear, sehingga pendekatan pengambilan kebijakan tidak bisa lagi dilakukan stand-alone,” ungkap Sesjen Kemenhub Djoko Sasono.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rakornis Balitbanghub ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe, Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) Sugihardjo, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.