Kompas.com - 21/02/2019, 13:36 WIB
Pemilik akun YouTube Nihongo Mantappu, Jerome Polin Dok. pribadiPemilik akun YouTube Nihongo Mantappu, Jerome Polin

KOMPAS.com – Akun YouTube "Nihongo Mantappu" milik Jerome Polin bisa dibilang menjadi salah satu vlog yang diganderungi banyak anak muda di Indonesia, khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa.

Beragam konten menarik dapat ditemui di dalam channel YouTube yang diikuti 845.000 orang tersebut, utamanya terkait pendidikan tinggi di Jepang.

Jerome Polin merupakan mahasiswa asal Surabaya yang saat ini menempuh pendidikan Matematika di Waseda University, Jepang dengan beasiswa penuh.

Dalam video-video yang ia buat, Jerome sering menunjukkan bagaimana kehidupan akademis dan sosialnya berjalan di Negeri Sakura itu.

Saat berbincang melalui sambungan suara pada Rabu (20/2/2019), Jerome banyak bercerita  tentang akun "Nihongo Mantappu" dan harapannya di balik akun YouTube ini.

"Awalnya aku cari apa sih yang belum ada, terus ketemu tuh, apa yang belum ada adalah ngajarin bahasa Jepang. Orang-orang kalau mau belajar bahasa Jepang cuma bisa dari les, dan les kan mahal," kata Jerome.

Konten berisi materi belajar bahasa Jepang mulai ia unggah ketika sudah berada di Jepang dan mengikuti kelas bahasa sebelum memasuki perkuliahan yang sebenarnya.

Baca juga: Di Usia 21 Tahun, Diva Sudah Jadi Pebisnis Beromzet Rp 2,2 Miliar!

Awal berbagi

Sebelum membuat konten di YouTube, Jerome sudah memulai membagikan pengetahuan melalui Official Line Account bernama "Q&A". Di sana ia membagikan berbagai ilmu pengetahuan, salah satunya matematika yang sudah lama ia tekuni.

“Di Line itu dulu banyak konten yang galau-galau, joke-joke yang enggak bermutu gitu lho, terus sejak itu aku tergerak buat gimana caranya. Aku mikir kalau anak-anak dikasihnya kayak begini terus, kapan mau maju," ujarnya.

Semua share pengetahuan ia bagikan secara cuma-cuma. Tidak ada biaya khusus yang harus dikeluarkan oleh siapa pun untuk bisa belajar bersama di akun Line buatannya itu, semuanya gratis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.