123 Siswa Indonesia Raih Penghargaan "Cambridge International"

Kompas.com - 27/02/2019, 19:41 WIB
Penyerahan penghargaan Cambridge International kepada para 123 pelajar dari 45 sekolah dari berbagai kota  Indonesia ini dilakukan di Jakarta (27/2/2019). 
Dok. Cambridge InternationalPenyerahan penghargaan Cambridge International kepada para 123 pelajar dari 45 sekolah dari berbagai kota Indonesia ini dilakukan di Jakarta (27/2/2019).

KOMPAS.com - Sebanyak 123 orang siswa dari seluruh Indonesia berhasil meraih penghargaan internasional "Outstanding Cambridge Learner Awards"  dari Cambridge Assessment International Education (Cambridge International).

Penghargaan tersebut diberikan kepada para pelajar tingkat SMA yang meraih prestasi tertinggi dalam ujian Cambridge pada bulan Juni dan November 2018.

Penyerahan penghargaan kepada para pelajar ini dari 45 sekolah dari berbagai kota  Indonesia ini dilakukan di Jakarta pada hari ini (27/2/2019). 

Acara yang turut dihadiri Purwadi Sutanto Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kemendikbud ini memberikan 142 penghargaan untuk tingkat International General Certificate of Secondary Education (IGCSE), AS Levels, dan A Levels Cambridge International.

Prestasi internasional

Ada 39 pelajar secara khusus meraih penghargaan ‘High Achievement’ dan 63 pelajar mendapatkan gelar ‘Top in Indonesia’. Selain itu, 3 penghargaan juga diberikan kepada para pelajar yang menduduki peringkat pertama pada kategori ‘Best Across Three Cambridge International A Levels’, ‘Best Across Four Cambridge International AS Levels’ dan ‘Best Across Eight IGCSEs’.

Baca juga: Babak Baru Kurikulum Cambridge International di Indonesia

Kategori ‘Top in the World’ merupakan salah satu anugerah paling bergengsi, karena hanya diberikan kepada pelajar yang mendapatkan nilai tertinggi di satu mata pelajaran dibandingkan semua pelajar lain di dunia.

Tahun ini, berdasarkan rilis media yang diterima Kompas.com, 27 pelajar berprestasi berhasil menyabet penghargaan ‘Top in the World’ di beberapa mata pelajaran, yakni Matematika, Perjalanan dan Pariwisata, dan Bahasa Mandarin.

Ben Schmidt, Regional Director Southeast Asia & Pacific for Cambridge International,menyampaikan, “Saya senang sekali dapat memberikan penghargaan ini kepada para pelajar di seluruh Indonesia sebagai bentuk apresiasi atas prestasi mereka di mata dunia." 

Persiapan matang

Salah satu penerima penghargaan ‘Top in the World’ untuk kategori Matematika tingkat IGCSE adalah Louisa Ellen Gunadi, siswi Bina Bangsa School Kebon Jeruk di Jakarta. Ia mengaku Matematika memang salah satu mata pelajaran favoritnya, namun untuk meraih penghargaan tersebut, tetap membutuhkan kerja keras dan persiapan yang matang.

“Untuk menghadapi ujian, ada beberapa tips yang biasa saya lakukan, yakni yang pertama, melakukan persiapan mulai dari beberapa minggu sebelum ujian digelar. Mulailah dengan mengulang kembali bab-bab yang kamu rasa kurang kamu pahami. Kedua, latihan dengan ujian dari tahun lalu, dan mencoba untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi lagi,” katanya. 

Prestasi cemerlang juga ditunjukkan oleh Arthur Maximilian Tanjaya, siswa National High Jakarta Schoo, yang berhasil mengantongi lima penghargaan sekaligus, yakni ‘Top in Indonesia’ Cambridge International A Level untuk mata pelajaran Biologi, Matematika dan Fisika, kategori ‘High Achievement’ pada A Level Matematika Lanjutan, serta peringkat pertama ‘Best Across Three Cambridge International A Levels’.

Dianindah Apriyani, Senior Country Manager Indonesia mengatakan, “Ini merupakan persiapan yang sangat baik agar para pelajar dapat terus sukses melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas di seluruh dunia, karena kurikulum Cambridge memberikan pembelajaran yang lebih dalam dan luas serta mengasah kemampuan berpikir secara kritis.”

“Pelajar Cambridge International di Indonesia dapat memanfaatkan hasil ujian AS & A Level mereka beserta dengan penghargaan yang telah mereka raih agar dapat diterima di lebih dari 1.400 universitas di seluruh Indonesia dan dunia. Saya berharap yang terbaik untuk perjalanan mereka di masa yang akan datang,” tutup Dianindah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X