Delegasi UI Raih Penghargaan Konferensi "MUN" di Singapura

Kompas.com - 05/03/2019, 23:44 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Delegasi Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi pada ajang Konferensi Model United Nations (MUN) di Nanyang Technological University, Singapura

Dalam kegiatan yang digelar di Singapura (15-17/2/2019), UI meraih predikat:

1.  "The Most Outstanding Delegates" untuk Chico Athalla (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 2018) dan Rayhan Mahindra Wardhana (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 2018) dalam komite delegasi ganda DK PBB.

2. "Honourable Mention" diberikan kepada Marvela Ester (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2017) di komite FAO.

3. "Best Position Paper" untuk Rania Rifdah Taufiq di komite WHO.

Predikat bergengsi

Dilansir dari laman resmi UI (5/3/2019), predikat "The Most Outstanding Delegates" merupakan prestasi membanggakan karena setara dengan juara umum kedua. Sedangkan predikat "Honourable Mention" adalah gelar kehormatan posisi ketiga dari jumlah peserta komite.

Baca juga: UI dan ITB Masuk Daftar 200 Universitas Terbaik Asia-Pasifik

"Best Position Paper" adalah penghargaan diberikan kepada delegasi yang mempersiapkan dengan baik proposal ilmiah sebagai sebuah solusi dari permasalahan global yang diangkat  komite.

Model United Nations atau dikenal sebagai “MUN” adalah simulasi akademis sidang PBB di mana setiap peserta yang mengikuti kegiatan diperkenalkan dengan tata cara prosedur sidang PBB.

Para partisipan ditugaskan berperan sebagai delegasi mewakili sikap dan kepercayaan sebuah negara mengenai masalah global yang dibahas dalam komite tertentu.

Pentingnya diplomasi

Kegiatan ini pada dasarnya menekankan pentingnya diplomasi sebagai solusi permasalahan global. Tujuannya, sebagai media pengembangan keterampilan berbicara di depan umum, berdebat, menulis, meneliti, dan bernegosiasi bagi mahasiswa.

Acara ini diikuti pula leh delegasi universitas ternama dunia termasuk delegasi dari Hwa Chong Institution, Raffles Institution, Nanyang Technological University, dan National University of Singapore.

Selain 4 mahasiswa tersebut, Universitas Indonesia juga mengirim mahasiswa lain dalam ajang MUN ini, yaitu  Rahmadia Kushardiani (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2017) yang berpartisipasi dalam komite DISEC, Adila Nurul Ilma (Fakultas Hukum, 2018) yang berpartisipasi dalam komite SPECPOL, dan Illona Christine (Fakultas Hukum, 2017) yang berpartisipasi dalam komite ICJ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau