"Stories for Rainy Days" KPG akan Diterbitkan dalam Bahasa Portugal

Kompas.com - 14/03/2019, 23:21 WIB
Joana Naves dari Penerbit Bertrand Editora, Portugal, dan Christina M. Udiani mewakili Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia melakukan kesepakatan kerja sama untuk menerbitkan buku Stories for Rainy Days di ajang London Book Fair (13/4/2019).Dok. KPG Joana Naves dari Penerbit Bertrand Editora, Portugal, dan Christina M. Udiani mewakili Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia melakukan kesepakatan kerja sama untuk menerbitkan buku Stories for Rainy Days di ajang London Book Fair (13/4/2019).

KOMPAS.com - Kepustakaan Populer Gramedia ( KPG) bersama dengan Bertrand Editora resmi menandatangani perjanjian kerja sama penjualan hak cipta terjemahan buku Stories for Rainy Days ke dalam bahasa Portugal di stand penerbit Indonesia dalam rangka London Book Fair 2019 (13/4/2019).

Stories for Rainy Days merupakan buku terbitan KPG tahun 2016 dan ditulis oleh Naela Ali, seorang penulis dan illustrator muda yang tinggal di Jakarta.

Buku ini telah terbit sebanyak 3 volume dan ketiganya merupakan buku laris di Indonesia. Penjualan buku Stories for Rainy Days Vol. 1 dari pertama kali terbit hingga saat ini telah mencapai 19 ribu eksemplar.

Memadukan teks dan gambar

Christina M. Udiani Pemimpin Redaksi KPG kepada Kompas.com menyampaikan buku "Stories fo Rainy Days" adalah buku ilustrasi cat air dipadukan dengan teks yang berkaitan dengan hal-hal yang dipikirkan Naela Ali saat hujan.

Baca juga: Kepustakaan Populer Gramedia Raih Nominasi London Book Fair 2019

Naela Ali adalah ilustrator muda yang dikenal melalui gambar-gambarnya yang cantik melalui media cat air. Awalnya ia hanya iseng membuat merchandise bergambar kucing kemudian menjualnya, tanpa disangka mendapat sambutan baik dari masyarakat.

Pada tahun 2016 ia mencoba memadukan teks dan gambar dan menjadikannya buku. Orang-orang yang sudah mengenal Naela Ali melalui karya-karyanya menyambut antusias terbitnya buku ini. 

Ia memilih menggambar secara manual semua karyanya karena ia menikmati prosesnya. Apabila kita lihat gambar-gambar Naela Ali adalah hasil pengamatannya dan dekat  dengan aktivitas-aktivitas orang sehari-hari.

Naela ingin orang-orang yang melihat gambarnya juga turut merasakan emosi tinta, cat, warna, dan ekspresi dari gambar yang dihasilkannya.

Selain menggambar, passion Naela Ali tampaknya juga di dunia tulis-menulis, oleh karena itu saat ini ia serius dengan dunia penulisan. Selain Stories for Rainy Days, Naela Ali sudah menerbitkan buku lainnya yang berjudul Things and Thought I Draw When I Was Bored dan Floating in Space.

Angin segar dunia buku Portugal

Buku Stories for Rainy Days Dok. KPG Buku Stories for Rainy Days

Selain pasar dalam negeri, Stories for Rainy Days juga mendapat sambutan baik dari luar negeri. Buku ini selain akan diterjemahkan ke dalam bahasa Portugal, juga akan diterbitkan dalam bahasa Vietnam. Stories for Rainy Days versi bahasa Vietnam akan terbit tahun 2019 ini.

Stories for Rainy Days akan diterjemahkan ke dalam bahasa Portugal oleh Bertrand Editora yang merupakan penerbit dari Portugal yang berkedudukan di Lisabon.

Bertrand Editora merupakan penerbit paling prestisius di antara penerbit-penerbit di Portugis, juga merupakan penerbit tertua di Eropa dengan usia hampir 300 tahun.

Penerbit ini menerbitkan berbagai macam kategori buku dari ilmu-ilmu sosial, humaniora, buku anak, seni, arsitektur, sains, hingga komik strip. Penerbit ini dikenal sebagai penerbit paling aktif di Portugal yang menerbitkan tema-tema sesuai trend dengan beragam tema dan kategori.

Oleh karena itu menerbitkan Stories for Rainy Days menjadi salah satu strategi Bertrand Editora untuk memuaskan pembacanya dengan bacaan-bacaan yang memang sedang diminati saat ini.

Joana Naves, Editor In Chief dari Bertrand Editora mengatakan buku Stories for Rainy Days akan menjadi gebrakan baru bagi penerbitnya untuk menerbitkan jenis buku berilustrasi bagi para pembaca mudanya.

Diakui olehnya saat ini pembaca buku di Portugal juga telah mengalami banyak perubahan. Buku-buku yang ringan dengan gambar cantik akan memberi sedikit hiburan dan sedikit angin segar bagi dunia buku yang terkesan serius.




Close Ads X