Malam Penganugerahan "Cerita Kertas": Menggugat Eksistensi Kertas

Kompas.com - 16/03/2019, 12:43 WIB
Malam penganugerahan lomba fotografi ?Cerita Kertas? terbuka untuk kategori wartawan dan umum dengan total hadiah senilai Rp 140 juta hasil kerjasama Harian Kompas dan Asia Pulp, Paper (APP) Sinar Mas dan Bentara Budaya Jakarta (15/3/2019). Dok. Kompas.comMalam penganugerahan lomba fotografi ?Cerita Kertas? terbuka untuk kategori wartawan dan umum dengan total hadiah senilai Rp 140 juta hasil kerjasama Harian Kompas dan Asia Pulp, Paper (APP) Sinar Mas dan Bentara Budaya Jakarta (15/3/2019).

KOMPAS.com - Harian Kompas dan Asia Pulp, Paper (APP) Sinar Mas dan Bentara Budaya Jakarta menggelar lomba fotografiCerita Kertas” terbuka untuk kategori wartawan dan umum dengan total hadiah senilai Rp 140 juta.

Peserta mengirimkan karyanya mulai 18 Januari hingga 17 Februari 2019. Setelah dikurasi terpilihlah 10 finalis dengan total 70 karya yang dipamerkan dalam “Pameran Foto Cerita Kertas” pada 13-15 Maret 2019 di Bentara Budaya Jakarta. 

Dewan juri terdiri dari fotografer legendaris tanah air Oscar Motuloh, pewarta foto senior Harian Kompas Danu Kusworo, dan Managing Director Sinar Mas Saleh Husin memilih para juara yang diumumkan pada malam penganugerahan di Bentara Budaya Jakarta (15/3/3019)

Pemenang lomba

Berikut para pemenang lomba fotografi "Cerita Kertas":

Baca juga: Cerita Kertas: Cerita Kebersamaan, Cerita Kehidupan

Kategori Umum 

  1. @ziedralay
  2. @fourefv
  3. @myeyes.picture
  4. @yiwyoyok
  5. @rakhaleda

Kategori Jurnalis

  1. Abdul Azis
  2. Aman Rochman
  3. Boy Harjanto
  4. Budi Prasetiyo
  5. Hendi Novian.

Kertas menginspirasi

Kompetisi ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan potensi kertas sebagai bahan dasar yang memiliki beragam aplikasi di kehidupan sehari-hari serta ramah lingkungan.

“Sejak lahir, kita telah terbiasa menggunakan kertas dalam berbagai wujudnya di hidup kita, mulai dari buku tulis, tisu, koran, hingga kardus dan kemasan makanan. Setiap wujud kertas ini memiliki ceritanya masing-masing. Namun kita sendiri terkadang tidak menyadari manfaat dan potensinya,” ujar Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata.

Ia menambahkan, “Melalui pameran foto ini, kami berharap pengunjung dapat terinspirasi atau bahkan menginspirasi orang lain untuk memanfaatkan dan berinovasi dengan kertas demi menjawab berbagai tantangan dunia modern, misalnya sebagai pengganti plastik sekali pakai,” tutupnya.

Eksistensi kertas

Hal senada disampaikan Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo. "Kolaborasi Harian Kompas dan APP Sinar Mas ini bertujuan untuk memberikan pesan kepada khayalak soal kertas. Saat Guttenberg menciptakan mesin cetak dengan media kertas seketika itu juga informasi tersiar ke seluruh penjuru dunia."

Budiman melanjutkan, "Kertas kemudian menjadi media menyalurkan pengetahuan. Kertas menjadi buku, dan buku menjadi jendela dunia. Namun dengan kehadiran teknologi digital eksistensi kertas digugat."

Ia menjelaskan meski revolusi industri mengubah itu semua dengan kehadiran digital dan smartphone namun kertas masih membuka ruang imajinasi tidak terbatas untuk menghasilkan ragam kreasi. "Melalui kertas daya imajinasi manusia muncul," tegasnya.
 
Managing Director Sinar Mas Saleh Husin memberikan apresiasi positif atas kerjasama APP SInar Mas dan Harian Kompas ini. 
 
"Antusiasme peserta luar biasa. Terdapat lebih dari 1.700 foto masuk dalam pendaftaran lomba. Kolaborasi APP Sinar Mas  dan Harian Kompas ini mudah-mudahan dapat terus berlangsung agar dapat menghasilkan hal bermanfaat bagi bangsa," tutupnya. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X