Kompas.com - 20/03/2019, 22:10 WIB

KOMPAS.com - Hari Dongeng Internasional jatuh pada hari ini, 20 Maret 2019. Mendongeng sangat baik bagi perkembangan intelektual anak. Tidak saja memberikan pengetahuan yang luas, mendongeng juga efektif dalam mengembangkan imajinasi anak.

Di dalam dongeng, anak menerima bahasa yang disampaikan pendongeng untuk kemudian berusaha menerjemahkan dalam pikirannya.

Orangtua sebaiknya tidak menolak saat anak meminta diceritakan dongeng. Di awal mungkin sulit. Namun, seharusnya hal itu tidak menghalanginya untuk mendongeng pada anak.

Terlebih dongeng dapat menjadi media pendidikan orangtua dalam membangun karakter dan arahan kepada anak.

Baca juga: Indonesia Negeri 1.000 Dongeng, Membangun Literasi lewat Bercerita

DIlansir dari laman Sahabat Keluarga, berikut ini 3 hal yang dapat dilakukan saat orangtua hendak mendongeng:

1. Menciptakan antusias

Orangtua atau pendidik sebaiknya memberikan suasana antuasias pada anak. Anak dapat menerima pelajaran dari dongeng saat mereka terlihat antusias. Mengawali sebuah dongeng dengan menarik akan membuat anak senang dan membuat rasa ingin tahunya tinggi.

Orangtua dapat memulai dongeng dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana. Misalnya mengucap salam dan menanyakan kabar pada anak dengan irama yang menyenangkan.

2. Karakter menarik

Anak-anak tentu masih memiliki perkembangan dalam segala hal. Imajinasi dan pengetahuan anak masih membutuhkan perkembangan.

Orangtua dapat memberikan stimulus sesuai dengan kebutuhan anak. Pilih karakter yang mudah diterima anak sesuai dengan usia perkembangannya. Pilih juga tokoh dengan memiliki kelebihan dan kekurangan.

3. Konflik mengejutkan

Selain tokoh atau karakter menarik, konflik adalah yang tidak dapat lepas dari dongeng. Orangtua dapat membuat persoalan-persoalan sederhana yang sering ditemui anak dalam kesehariannya.

Jika dapat mengangkat persoalan yang ia lihat pada anak, di sinilah orangtua sebenarnya dapat memberikan solusi melalui dongeng yang diciptakannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.