Kompas.com - 20/03/2019, 22:39 WIB

KOMPAS.com - Standar Kompetensi Lulusan (SKL) membatik telah Go International,” ujar Fitria Yolanda, Kepala Seksi (Kasi) Program Direktorat Pembinaan Pendidikan Kursus dan Pelatihan (Dit. Bindik Suslat), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas). 

"SKL merupakan acuan dalam pengembangan kurikulum dan penilaian hasil pembelajaran, merupakan salah satu dari Standar Nasional Pendidikan (SNP)," ujar Fitria seperti dikutip dari laman resmi PAUD dan Dikmas.

Ia menambahkan, "Sampai tahun 2018 telah disusun SKL sebanyak 84 bidang keterampilan diselenggarakan oleh masyarakat, kedepannya akan diupayakan terus bertambah seiring dengan perubahan kebutuhan masyarakat akan kompetensi," ujar Kasi Program Dit Bindik Suslat menjelaskan.

Baca juga: Batik, Kuliner, dan Foto Indonesia Terbang ke Porto, Portugal

Alasan mengapa SKL Membatik merupakan salah satu dikembangkan, karena batik merupakan warisan dunia, termasuk benda yang perlu dipelihara dan dilestarikan. Setalah melalui proses yang cukup panjang akhirnya SKL Membatik ini ditetapkan berdasarkan Permendikbud No. 27 Tahun 2017, pungkas Fitria.

Ttanggal 1 – 3 Maret 2019 dilaksanakan "Forum on the next generation of entrepreneurs and appreciation of UNESCO world heritage in Indonesia", di Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia di Deli Serdang Sumatera Utara dibuka Istri Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara Sri Ayu Mihari.

Rangkaian acara publikasi meliputi: workshop, pameran, uji kompetensi, dan launching standar kompetensi membatik oleh UNESCO.

Harapannya SKL yang dikembangkan Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan dapat menjadi Standar international, pungkas Fitri menutup percakapan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.