Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendorong Praktik Baik Manajemen Keuangan Sekolah lewat Teknologi

Kompas.com - 27/03/2019, 21:51 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - InfraDigital Nusantara (IDN) sebuah platform manajemen keuangan sekolah berbasis digital menggelat "Seminar dan Awards IDN 2019!" di Depok, Jawa Barat (22/3/2019).

"Awards IDN 2019"  merupakan bentuk penghargaan IDN terhadap 70 sekolah Jaringan IDN selama tahun 2019.

Pemenang sekolah terbaik bidang digitalisasi keuangan dan tata usaha  (TU) dipilih berdasarkan kriteria TU dengan perfoma terbaik, seperti tertib administrasi transaksi, pencatatan, serta transaksi daring.

Indah Maryani COO PT Infradigital Nusantara menyampaikan pemenang "Awads IDN 2019" adalah:

  1. SMK Madya Depok
  2. MTA Nurani Jagakarsa
  3. SMK Dewantara Cikarang

Inklusi keuangan

Penyerahan penghargaan diberikan oleh Walikota Depok Muhammad Idris. "IDN menjadi start-up pertama yang memulai digitalisasi pembayaran pendidikan di sekolah-sekolah di Kota Depok dan berharap kota Depok menjadi cikal bakal digitalisasi keuangan," ujarnya.

Baca juga: Kolaborasi Edutech dan Fintech Mengurai Masalah Biaya Pendidikan

Peran start up dalam membangun manajemen keuangan berbasis digital juga mendapatkan apresiasi positif dari Prof Roy HM Sembel salah satu pembicara seminar. 

"Revolusi industri 4.0 telah merambah ke seluruh bidang, termasuk pendidikan. Inklusi keuangan sudah mesti diaplikasikan mulai dari rumah tangga," ujarnya.

Ia menambahkan sekolah sebagai salah satu pilar inklusi keuangan idealnya juga melakukan digitalisasi keuangan guna meningkatkan kualitas manajemen sekolah yang lebih baik.

Memudahkan orangtua

CEO PT InfraDigital Nusantara Ian McKenna menyampaikan, "Cita-cita kita membangun sebuah sistem keuangan berbasis digital khusus untuk pendidikan. Sistem keuangan yang cocok untuk semua lembaga, mulai dari yang kecil dan menengah sampai universitas besar."

Ia menambahkan manajemen keuangan berbasis digital tidak hanya dapat bantu merapikan pencatatan dan melancarkan pendapatan sekolah namun juga memberika kemudahan bagi orangtua dalam melakukan pembayaran biaya pendidikan.

"Aplikasi ini memudahkan pembayaran tagihan pendidikan siswa seperti SPP dan tagihan regular lainnya untuk semua orangtua, baik yang punya rekening bank maupun tidak," jelas Ian.

Tagihan digital dan pembayaran online melalui jaringan IDN saat ini telah diadaptasi oleh 96 lembaga pendidikan, 3 bank BUMN, 2 bank Swasta, 2 bank Syariah, 3 dompet digital dan 15,000 ribu gerai Indomaret. 

Efisiensi manajemen

Ian berharap platform manajemen digital sekolah yang digagasnya dapat membantu manajemen atau TU sekolah dalam membuat laporan keuangan secara lebih mudah.

"Dulu dengan cara manual dibutuhkan waktu 1-2 minggu untuk memeriksa pembayaran dan membuat laporan keuangan. Kini waktu itu dapat dipangkas sehingga laporan dapat dipantau secara real time sehingga waktu yang terbuang sia-sia selama ini dapat dialihkan untuk kegiatan pendampingan akademik yang lebih efektif," jelasnya.

Kepala Sekolah SMK Madya Depok Uwoh Pramijaya menyampaikan dengan cara manual pencacatan keuangan kerap terjadi kesalahan, hilang data serta waktu yang terbuang sia-sia. 

"Kini orangtua tidak perlu lagi repot-repot ke sekolah, pihak yayasan dan sekolah secara langsung dapat melihat hasil dari pemasukan tagihan dan laporan keuangan setiap bulannya," ujarnya.

Setelah acara "Seminar dan Awards IDN 2019", pihak IDN berharap dapat memperluas jaringan IDN ke seluruh wilayah Jawa dan luar Jawa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com