Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binus dan SEASAC Siapkan Kompetensi "Sales B2B" Internasional

Kompas.com - 01/04/2019, 22:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Bina Nusantara (Binus) Business School berkolaborasi bersama South East Asian Sales Competition (SEASAC) dan mengambil peran sebagai koordinator patner SEASAC untuk regional Asia Tenggara.

SEASAC merupakan proyek “capacity building” ditujukan bagi perguruan tinggi di wilayah Asia Tenggara yang didanai Erasmus + dari Uni Eropa dan bekerja sama dengan Turku University of Applied Sciences, Finlandia sebagai project leader.

Proyek SEASAC ini merupakan konsorsium dari 12 insititusi pendidikan terdiri dari 4 universitas di Eropa, 5 universitas di Indonesia, 2 universitas di Thailand, dan SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre).

Sales B2B

Proyek SEASAC berlangsung selama 3 tahun dan bertujuan memperkuat kemampuan perguruan tinggi di Asia Tenggara dalam menyediakan tenaga sales professional B2B (Business-to-Business) yang dapat bersaing di pasar internasional.

Salah satu kegiatan pendahuluan yang dilakukan adalah "SEASAC Training Week" yang diselenggarakan di Jakarta (18-22/3/2019) di kampus Binus Bussines School, Senayan, Jakarta.

Baca juga: Binus University: Kami Tidak Menjual Tenaga Kerja!

Pelatihan ini dirancang melatih para dosen perguruan tinggi untuk mengembangkan kompetensi fundamental sales B2B International. Pada akhir pelatihan, semua peserta diharapkan memiliki gagasan untuk penerapan modul sales B2B International yang telah disesuaikan dengan budaya bisnis di Indonesia dan Thailand.

Orientasi bisnis

Dalam "SEASAC Training Week", peserta akan belajar bagaimana mengembangkan kurikulum pendidikan tinggi berbasis pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa (student-centered learning approach), serta diperkaya dengan kerjasama universitas dan pelaku bisnis.

Sebagai model pengajaran dan pembelajaran yang membumi, dalam pelatihan ini diperkenalkan konsep Sales Competition sebagai metode penilaian hasil belajar berorientasi bisnis. Selain itu, konsep Sales Competition menawarkan peluang kepada perusahaan memperoleh tenaga sales professional B2B berbakat di masa depan.

Para pelatih "SEASAC Training Week" berasal dari 4 universitas Eropa yaitu Turku University of Applied Sciences (Finlandia), University of Applied Sciences Wiener Neustadt (Austria) Edinburgh Napier University (Skotlandia) dan Haaga-Helia University of Applied Sciences (Finlandia).

Standar internasional

Dekan Binus Business School Master Program Rini Setiowati melalui siaran media resmi Binus mengapresiasi kepercayaan diberikan kepada Binus sebagai tuan rumah "SEASAC Training Week".

“Hal ini selaras dengan visi Binus Higher Education yaitu membina dan memberdayakan masyarakat (fostering and empowering the society), kerjasama ini diharapkan dapat melahirkan sales professional B2B yang berkualitas untuk mengisi kebutuhan pasar sesuai standar internasional," ujar Rini.

Ia menambahkan, "Dari sisi akademis, para pengajar juga mendapatkan peningkatan keilmuan dalam rangka membentuk sales professional B2B berbakat untuk kemajuan Indonesia di masa depan."

Peserta pelatihan merupakan tenaga pengajar dari Thailand dan Indonesia, yang berasal dari berbagai universitas seperti Mahasarakham University dan Rangsit University (Thailand), Binus University (Jakarta), Universitas Putra Indonesia “YPTK” (Padang), Universitas Sebelas Maret (Surakarta), Universitas Katolik Parahyangan (Bandung) Politeknik Negeri Batam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com