UI Peringkat 80 Dunia Universitas Berdampak Sosial dan Ekonomi

Kompas.com - 08/04/2019, 18:00 WIB
Ilustrasi: Universitas Indonesia. KOMPAS/Iwan SetiyawanIlustrasi: Universitas Indonesia.

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) masuk dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi Terbaik ke-80 tingkat Dunia yang memberikan Dampak Luas bagi Sosial dan Ekonomi bangsa melalui aktivitas Penelitian, Pengajaran dan Pengabdian Masyarakat. 

Pemeringkatan tersebut dilakukan Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia, Times Higher Education (THE) dalam daftar World University Impact Rankings 2019 (3/4/2019).

World University Impact Ranking merupakan satu-satunya pemeringkatan menilai kinerja universitas berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Dampak pada masyarakat

Pemeringkatan ini juga menilai dampak diberikan universitas terhadap ekonomi dan masyarakat melalui inovasi dan penemuannya. Pada edisi pertama, pemeringkatan ini melibatkan 450 universitas pada 76 negara di dunia.

Baca juga: Kesuksesan Perguruan Tinggi Tidak Dinilai dari Gedung

Hasil pemeringkatan University Impact Ranking didasarkan pada penilaian kinerja Perguruan Tinggi dalam rangka pemenuhan SDGs yang telah ditentukan PBB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

THE mengukur performa UI yang dianggap berhasil yaitu yang memenuhi SDGs 17 – Partnership for the Goals (Kemitraan untuk mencapai tujuan) ; SDGs 3 Good Health and Wellbeing (Kehidupan sehat dan sejahtera) ; SDGs 4 Quality Education (Pendidikan berkualitas) danSDGs 16 Peace, Justice and Strong Institutions (Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh).

Aktivitas tri dharma PT

Rektor UI Muhammad Anis menuturkan, “Ini merupakan pencapaian besar dan menunjukkan bahwa UI semakin dikenal masyarakat global. UI berkomitmen untuk hadir memberikan solusi atas permasalahan bangsa melalui aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat."

"Pemeringkatan ini juga memberikan gambaran bahwa sebuah Perguruan Tinggi mampu mendukung pemerintah di dalam pemenuhan SDGs PBB sehingga dapat mendorong semangat para sivitas akademika UI untuk semakin gencar berinovasi dan berkarya di dunia akademik,” lanjutnya.

Pengumuman Times Higher Innovation and Impact Ranking  yang pertama ini dilakukan di KAIST Korea 3 April 2019 dan merupakan ajang prestigius diikuti universitas ternama yang memperhatikan perkembangan ke depan  dan membicarakan diantaranya masalah inovasi, kewirausahaan dan kecerdasan buatan menuju tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.