Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Universitas Terhijau Terima "UI Greenmatric" di Irlandia

Kompas.com - 18/04/2019, 20:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya acara tahunan Pemeringkatan Universitas Sedunia Universitas Indonesia GreenMetric diadakan di Eropa dan dihadiri lebih dari 87 pimpinan Universitas sedunia dari 37 negara.

Dilansir dari laman resmi UI (18/4/2019), acara tahunan UI ini telah menjadi ajang kompetisi populer dan prestisius menghadirkan universitas yang sangat memberikan perhatian pada terwujudnya kampus hijau, indah, teratur, ramah lingkungan, terdepan dalam pengelolaan sampah, air, energi, transportasi dan gedung cerdas, serta pendidikan dan riset yang bercirikan konsep pembangunan berkelanjutan.

Pertemuan tahunan UI GreenMetric tahun ini disponsori dan diadakan di kampus University College Cork, Irlandia (14-16/4/2019), di paling barat Eropa dan telah terjadwal untuk dilaksanakan di Iran, Malaysia, Taiwan, Portugal, Colombia dan Chile, hingga tahun 2025.

Baca juga: UI Kembali Raih Kampus Hijau Terbaik Indonesia

Jaringan UI GreenMetric University telah menjadi pembuat trend dalam kerjasama antar universitas yang terbuka dan memberikan energi kemajuan bagi pengembangan infrastruktur universitas yang makin maju dan terintegrasi.

Sebanyak 48 pimpinan universitas telah menyiapkan makalah lengkap yang dipresentasikan memberikan kunci pengembangan universitas yang memperhatikan upaya universitas menjadi pusat perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, terutama mengenai tujuan nomor 13 Konsumsi dan Produksi yang bertanggungjawab.

Acara yang dibuka Wakil Perdana Mentri Irlandia Simon Coveney ini sangat menghargai Gerakan Kepemimpinan Global yang telah dilakukan Universitas Indonesia.

Prof Riri Fitri Sari, Ketua Jaringan UI GreenMetric menyatakan gerakan global yang telah dilakukan UI ini telah semakin berkembang dan mendapat perhatian dari lebih dari 800 universitas sedunia yang menggunakan Metrik Pengukuran yang ditetapkan menjadi indikator keberhasilan kepemimpinan di kampus sebagai nilai tambah kampus era pembelajaran berbasis cyber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com