Wajib Tahu, Ini 5 Tips Tembus Universitas Bergengsi Amerika

Kompas.com - 20/04/2019, 10:10 WIB
Moses Mayer, siswa Jakarta Intercultural School (JIS) Jakarta meraih prestasi dengan mendapatkan 5 tawaran sekaligus dari universitas bergengsi di Amerika Serikat, termasuk tawaran dari jajaran universitas Ivy League. Dok. JISMoses Mayer, siswa Jakarta Intercultural School (JIS) Jakarta meraih prestasi dengan mendapatkan 5 tawaran sekaligus dari universitas bergengsi di Amerika Serikat, termasuk tawaran dari jajaran universitas Ivy League.

KOMPAS.com - Tidak banyak siswa Indonesia berhasil diterima dalam jajaran universitas "Ivy League" Amerika Serikat, sebuah istilah yang merujuk pada 8 universitas bergengsi identik dengan kesempurnaan dan elitisme akademis. 

Universitas ini dipandang sebagai universitas paling prestisius di AS dan hampir selalu berada di peringkat teratas dalam daftar universitas top AS, yakni: (1) Universitas Brown, (2) Universitas Columbia, (3) Universitas Cornell (4) Universitas Dartmouth, (5) Universitas Harvard, (6) Universitas Pennsylvania, (7) Universitas Princeton, dan (7) Universitas Yale.

Moses Mayer, siswa Jakarta Intercultural School (JIS) Jakarta meraih prestasi dengan mendapatkan 5 tawaran sekaligus dari universitas bergengsi di Amerika Serikat, termasuk tawaran dari jajaran universitas "Ivy League".

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Asia Pasifik, Kampus Indonesia Nomor Berapa?

Lima kampus yang siap menyambutnya adalah Harvard University, Princeton University, Yale University, Cornell University dan University of Pennsylvania. Selain itu, M.E.T UC Berkeley, UCLA, University of Michigan dan Carnegie Melon University juga telah menerima Moses untuk belajar di kampus mereka.

Siswa berprestasi

Moses dikenal sebagai siswa yang banyak meraih berbagai penghargaan kelas dunia sekaligus mengharumkan Indonesia dalam sejumlah kompetisi bergengsi di bidang bahasa, matematika, sains, robotika, informatika dan komputasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia memenangkan banyak penghargaan olimpiade maupun kompetisi matematika serta informatika atau computer science di tingkat nasional maupun internasional, di antaranya medali emas OSN, medali emas National Olympiad in Informatics di Singapura.

Moses juga mengharumkan nama Indonesia melalui peraihan medali perunggu Internasional Olympiad of Metropolises di Moscow, medali perunggu di Junior Balkan Mathematics Olympiad di Romania, hingga medali-medali dan penghargaan bidang matematika maupun bidang informatika di Cina, Kazakhstan, Hong Kong dan lainnya.

Di sekolah, Moses memiliki nilai sempurna A dan A+ untuk semua mata pelajarannya, dan aktif dalam kegiatan-kegiatan sekolah. Ia pun berusaha menyebarkan kecintaan terhadap matematika kepada murid-murid lain dengan mendirikan Mu Alpha Tetha – Math Honor Society di JIS.

Klub ini merupakan chapter pertama di Indonesia yang berpusat di Amerika Serikat. Ia juga merupakan bagian dari Student Council dan National Honor Society.

5 tips Moses

Untuk menembus kompetisi di "Ivy Leagues" dan kampus-kampus top ini, Moses harus membuat banyak esai dan tulisan dalam bahasa Inggris sesuai permintaan masing-masing kampus. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.