Tidak hanya pendidikan, Finlandia Hebat Dalam 3 Hal Ini

Kompas.com - 20/04/2019, 10:30 WIB
Seorang siswa SD di Finlandia tengah belajar di kelas. Getty/GuardianSeorang siswa SD di Finlandia tengah belajar di kelas.

KOMPAS.com - Sistem pendidikan Finlandia telah terkenal secara global. Selama lebih dari satu dekade, Finlandia telah selalu menjadi terbaik dalam program penilaian siswa internasional (PISA).

Namun ternyata Finlandia tidak hanya unggul di dalam kelas. Mereka juga unggul dalam hal manajemen perubahan, implementasi langkah-langkah berbasis bukti dan pendidikan dalam kecerdasan buatan (AI).

Faktor-faktor ini berkontribusi pada citra Finlandia sebagai negara inovatif dan ambisius yang siap memenuhi tantangan sosial baru di masa depan.

Tidak diragukan lagi banyak negara di dunia masih banyak mengirimkan siswa dan peneliti untuk belajar dari Finlandia.

1. Jatuh-bangun Nokia

Setelah jatuhnya Uni Soviet, Finlandia terkena dampak depresi ekonomi yang dalam pada 1990-an. Namun, dalam beberapa tahun negara ini berubah dari ekonomi yang digerakkan oleh investasi menjadi ekonomi yang digerakkan oleh pengetahuan.

Baca juga: Ini Rahasia Pendidikan Finlandia Menjadi yang Terbaik di Dunia (1)

 

Banyak orang masih mengingat era keemasan Nokia pada 1990-an dan awal 2000-an. Nokia menempatkan Finlandia pada peta dan menikmati dominasi global sebagai merek ponsel terkemuka. Jauh sebelum Apple mengganggu seluruh pasar dengan ponsel baru yang inovatif.

Namun setelah Nokia turun tahta, banyak insinyur Finlandia masuk ke industri video game. Ini menghasilkan kisah sukses seperti "Angry Birds" dan "Clash of Clans". Dengan demikian, dalam beberapa tahun terakhir, Finlandia telah mengembangkan lingkungan startup terkemuka dari abu kejatuhan Nokia.

2. Penelitian progresif

Finlandia juga terkenal dengan pendekatan yang mengintegrasikan penelitian dan inovasi ke dalam sistem layanan kesehatan. Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan teknologi perawatan kesehatan telah meningkat secara global.

Finlandia menanamkan investasi mendalam untuk informatika klinis. International Medical Informatics Association (IMIA) telah menciptakan sistem akreditasi untuk universitas yang mengajarkan informatika klinis, dan universitas terakreditasi pertama berlokasi di Finlandia.

Finlandia juga telah melakukan penelitian mutakhir tentang inovasi sosial. Pada 2017, studi penelitian kontroversial tentang "upah minimum universal" dilakukan di Finlandia.  

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X