Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Tari Jaipong Kembang Tanjung, Tim Robotik PENS Optimis Juara

Kompas.com - 20/04/2019, 21:18 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ajang bergengsi Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Regional IV tinggal menghitung hari.

Beragam persiapan terus dilakukan, tidak terkecuali tim EEPIS Robot Intelligent In Sense of Art (ERISA) asal Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang akan unjuk kebolehan selama tiga hari (21-23/4) mendatang.

Tim divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) ini, nantinya akan membawakan sebuah tarian daerah yakni Tari Jaipong Kembang Tanjung.

Bertempat di Universitas Mataram, Tim ERISA diketuai Risma Dian Alamri jurusan Teknik Elektronika yang sekaligus memegang peran bagian software robotik.

Dilansir dari laman resmi PENS, Risma nantinya akan dibantu empat anggota lainnya yakni Tri Mega Yuliarti (software robotik), Dananjaya Endi Pratama sebagai (hardware robotik), Ridhan Hafizh Chairussy (mekanic robotik) serta Alfi Syahrinna Fuadila sebagai (design artistik). Keempatnya berasal dari jurusan Teknik Mekatronika.

Baca juga: Kemenaker dan BPPT Bentuk Komunitas Robotik Pertama di Indonesia

Perbedaan konsep tarian diusung antara tahun ini dengan tahun sebelumnya menjadikan tim ERISA sempat mengalami beberapa kendala.

Namun hal tersebut tidak mematahkan semangat tim ERISA menunjukkan penampilan terbaiknya selama 3 menit 27 detik setiap kali tanding di tingkat regional nantinya.

Melalui koordinasi baik antar tim serta dukungan dosen pembimbing yakni Novian Fajar Satria, dan Dwi Kurnia Basuki menjadi bekal cukup bagi tim ERISA unjuk performa dengan puluhan robot divisi KRSTI lainnya dari berbagai perguruan tinggi di Regional IV.

Tahun ini, tim ERISA kembali targetkan membawa pulang gelar juara seperti tahun sebelumnya yang berhasil membawa pulang Juara 1 Divisi KRSTI dan kategori design terbaik KRI 2018 Regional IV.

Diharapkan di ajang KRI tahun ini tim ERISA kembali memberikan penampilan terbaiknya di hadapan dewan juri dan para peserta lain.

“Semoga nanti ketika pertandingan lancar, bisa tampil dengan maksimal, robotnya stabil jalan, ndak ada permasalahan di bluetooth. Dan bisa bawa pulang gelar juara lagi,” ungkap Risma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com