16.666 Peserta Lolos PMDK Politeknik Negeri, Ini Proses Seleksinya

Kompas.com - 23/04/2019, 15:15 WIB
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam konferensi pers Pengumuman Hasil PMDK-PN 2019 di Politeknik Negeri Semarang, Semarang (16/4/2019). Dok. KemenristekdiktiMenteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam konferensi pers Pengumuman Hasil PMDK-PN 2019 di Politeknik Negeri Semarang, Semarang (16/4/2019).
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Sebanyak 16.666 siswa dinyatakan lolos dalam proses seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN). Total tersebut didapat dari 42 politeknik negeri se-Indonesia.

Banyaknya peserta yang mendaftar PMDK-PN kali ini sebanyak 206.852 orang dari 8.421 sekolah.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar mengatakan, proses seleksi PMDK-PN dilakukan berdasarkan nilai mata pelajaran peserta saat SMA/SMK/sederajat.

"Proses seleksi berdasarkan nilai akademik semester satu sampai dengan semester lima. Ditambah dengan penilaian prestasi non-akademik baik level regional, level nasional, sampai level internasional," kata Ismunandar saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/4/2019) siang. 

Ismunandar menjelaskan, nilai akademik tersebut kemudian diperingkatkan per program studi politeknik yang dipilih oleh peserta.

Minat peserta melanjutkan pendidikan di politeknik negeri semakin tinggi, terlihat dari bertambahnya jumlah peserta yang mendaftar dibanding tahun sebelumnya, yaitu 183.827 siswa menjadi 206.852.

Pengumuman hasil PMDK-PN 2019 dapat diakses melalui situs http://pmdk.politeknik.or.id, dengan memasukkan nomor pendaftaran.

Baca juga: PMDK Politeknik Negeri Dibuka, Ini Tata Cara Pendaftarannya..

Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN)

Peserta yang tidak lolos PMDK-PN tak usah berkecil hati, karena dapat mengikuti seleksi melalui jalur UMPN.

Total seluruh peserta yang akan diterima dari jalur seleksi PMDK-PN dan UMPN berjumlah kurang lebih 45.000 orang.

Ismunandar menambahkan, proses pendaftaran UMPN dilakukan secara mandiri oleh politeknik negeri yang bersangkutan.

"UMPN pendaftaran belum terintegrasi secara nasional seperti PMDK-PN. Pendaftaran dilakukan di masing-masing politeknik," ujar dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X